Loading...

ANALISA DAN STUDI PERAN MESIN PENCARI DALAM PENYEBARAN KONTEN RADIKAL

Loading...
Penelitian terbaru menunjukkan lebih dari 484.000 kata kunci pencarian Google per bulan dari seluruh dunia, termasuk setidaknya 54.000 pencarian di Inggris, hasil pencariannya didominasi oleh materi ekstremis Islam. Penelitian ini menemukan bahwa materi ekstrimis yang diakses melalui mesin pencari dengan menggunakan kata kunci tertentu terdiri dari 44% kekerasan eksplisit, 36% non-kekerasan dan 20% konten politik Islam non-kekerasan, tetapi disebarkan oleh kelompok-kelompok Islam dengan ambisi politik.
Studi ini merupakan salah satu yang pertama yang mengekspos peran mesin pencari dibandingkan dengan media sosial yang menggambarkan bagaimana orang memperoleh materi ektrimis jihadi di web. Penelitian tersebut berpendapat adanya peran mesin pencari yang didominasi oleh Google. Mesin pencari merupakan blind spot yang dilupakan oleh mereka yang berusaha untuk mengukur dan melawan pesan ekstrimis di internet.
Meskipun strategi pencegahan pemerintah Inggris mengklaim bahwa internet seharusnya bukan menjadi ruang yang disediakan bagi ekstremisme Islam dan diplomat Inggris telah memimpin komunikasi global melawan ISIS di internet, studi ini menyatakan bahwa  pemerintah masih berada pada awal sebuah labirin tantangan.Penelitian yang diberi judul  A War of Keywords : how extremists are exploiting the internet and what to do about it berpendapat banyak situs Islam mainstream menjadi rumah bagi ekstrimis, termasuk bahan jihad, sering tanpa peringatan atau pengamanan. Penelitian tersebut juga berpendapat bahwa organisasi Islam nonkekerasan, seperti Hizbut Tahrir, memiliki kehadiran online yang sangat kuat dan mendominasi hasil untuk beberapa pencarian kata kunci. Beberapa kata-kata pencarian yang paling populer digunakan adalah crusader, martyr, kafir (non-believer), khilafa (a pan-Islamic state) atau apostate
Dalam masalah penyebaran Artikel melalui mesin pencari atau search engine, akhirnya bisa membuat Pakar SEO (Search Engine Optimization ) Polda Metro Jaya M. Khoirul Amin S.H., S.Kom., M.Kom., angkat bicara. Dia menjelaskan saat ini banyak teori-teori dalam penyebaran artikel pada mesin pencari , bahkan teknik SEO itu sudah banyak sekali yang tahu walaupun hanya sedikit yang benar benar memahami. Amin juga menjelaskan saat ini banyak sekali software software SEO  yang bisa digunakan secara gratis, itupun sudah bisa dan mampu menyebarkan artikel ke mesin pencari dengan kata kunci yang di inginkan… baru baru ini ahli SEO dari jerman juga menciptakan software SEO yang hanya sangat simpel cara pakainya, tapi software tersebut mampu menyusupkan link link berita ke semua web, mulai Forum, Wiki, Medsos, blogspot bahkan Youtube sekalipun, dengan menggunakan teknik auto posting, auto indexing, dan auto spamming, tetapi dia tidak menjelaskan apa nama software tersebut, dia juga mengklaim hanya dengan modal akses handphone sekalipun artikel-artikel tersebut mudah sekali disebarluaskan,  walaupun Google selalu memperbaiki dan update semua algoritmanya seperti hummingbird, Pigeon, dan lain-lain. Artikel-artikel itu pun akan tetap bisa tersebar.
Kesimpulan dari semua ini adalah pentingnya counter opini dalam media online untuk membuat masyarakat agar tidak mudah percaya artikel yang tersebar sebelum di cek kebenarannya.
Sumber : Internet sehat
Posting Komentar