-->

Capaian BPJS Cabang Pasuruan Semester I Tahun 2017

Pasuruan, Tribunus.co.id -  Pencapaian kinerja Program JKN-KIS unntuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pasuruan yang mencakup Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, terus mengalami peningkatan sampai dengan 31 Juli 2017. Jumlah peserta BPJS Kesehatann Cabang Pasuruan mencapai 2.042.524 jiwa. Termasuk di dalamnya peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS oleh pemerintah daerah sebagai berikut: Kabupaten Pasuruan, 10.189 jiwa, Kota Pasuruan 2.560 jiwa, Kabupaten Probolinggo 3.263 jiwa, dan Kota Probolinggo 4.474 jiwa melalui program jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda)

Pertumbuhan jumlah para peserta ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama. Saat ini kantor Cabang Pasuruan telah bermitra dengan 183 fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri atas 80 Puskesmas, 40 Dokter 11 Dokter Praktek gigi perorangan, 52 Klinik Pratama. Selain itu BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan juga telah bekerja sama dengan 44 fasilitas Kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 15 Rumah Sakit 15 Apotik serta 14 Optik.

"Kami ucapkan terima Kasih kepada pemerintah daerah terhadap komitmen untuk menyukseskan program JKN-KIS. Selain komitmen dalam bentuk pembiayaan serta perluasaan akses pelayanan melalui penyediaan fasilitas kesehatan, ke depan kami harapkan peran pemerintah daerah juga semakin dioptimalkan baik dari sisi kualitas  dan mutu pelayanan kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat. Bersama-sama mari meningkatkan regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepersertaan JKN-KIS serta cakupan kepesertaan  yang makin luas. Harapannya nanti dapat terwujud Universal Health Caverage atau cakupan semesta di tahun 2019," ujar Kepaala BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan, Debie Nianta Musigiasari, saat kegaiatan Publik Ekspose Capaian Kinerja BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan, di Kota Pasuruan.

Selain itu dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan berbagai inovasi dan terobosan dilakukan untuk dapat memenuhi target tersebut, masyarakat yang sebelumnya dapat melakukan pendaftaran di Kantor Cabang, Kantor Layanan Operasional Kabupaten/Kota, Website, dan bank mitra yang bekerja sama dengan Kantor BPJS Kesehatan. Kini pendaftaran dapat juga dilakukan melalui BPJS Kesehatann Care Centre 1500-400. Tak cukup sampai disitu, kini BPJS kesehatan juga mengembangkan pendaftaran melalui system Dropbox di Kantor cabang BPJS Kesehatan dan kantor Kecamatan. Pendaftaran melaui PPOB/mitra kerja BPJS Kesehatan, melalui Kader JKN serta pendaftaran melaui aplikasi mobile JKN. Pendaftaran  melaui mitra  kerja juga tengah dikembangkan dengan membuka Point Of Service di pusat perbelanjaan seperti Mall dan tempay perbelanjaan lainnya.

wartawan : Prabowo
editor       : Kadir z


Lebih baru Lebih lama