-->

Komsos Kreatif Kodim 0824 Adakan Lomba Tari dan Lomba Baca Puisi Tingkat Pelajar SMA/SMK

JEMBER - Komunikasi Sosial Kreatif (Komsos Kreatif) merupakan salah satu methode program pembinaan teritorial dalam rangka menggali dan memberdayakan kreatifitas masyarakat serta kreatifitas berkomunikasi sosial itu sendiri, utamanya terhadap generasi bangsa di daerah sekaligus sebagai media melestarikan budaya sebagai bagian dari kekayaan nasional dan bagian dari potensi pertahanan negara.

Seperti yang telah dilakukan oleh Kodim 0824 Jember yang menggelar Lomba Tari dan Puisi Perjuangan antar SMA/SMK di Kabupaten Jember pada Rabu 23/08/2017 Pukul 07,00 Wib sampai dengan selesai, pembukaan dilakukan Oleh Kepala Staf Kodim 0824 (Kasdim 0824) Mayor Inf Robertus Ardha,  dalam lomba tersebut memang tidak semua sekolah dapat mengikuti karena keterbatasan anggaran sekolah serta tidak adanya penari atau pembaca puisi di sekolah tersebut dan lain-lain.

Bertindak sebagai juri pada lomba tari diantarannya Wiwik Prastiwi, S.SN, Sri Laksmitawati W.W, SE, Cornelis Bagus N Samuel, M.Th dari komunitas tari yang rata-rata tergabung dalam Dewan Kesenian Jember demikian halnya Juri Lomba Baca Puisi diantaranya Dr. Ikhwan Setiawan, M.A, Dr Eko Suwargono, M.Hum dan Iwan Kusuma.

Keluar sebagai Juara untuk Lomba Tari diantaranya Juara I  SMA Bima Ambulu, Juara II SMAN 1 Jember dan Juara III dari SMA Pancasila Ambulu, sedangkan untuk Lomba Baca Puisi Juara I SMAN Kalisat, Juara II SMAN 5 Jember, dan Juara III SMKN 1 Jember.

Dalam wawancaranya Dr Eko Suwargono, M.Hum menanggapi diadakannya Lomba Tari dan lomba Puisi dalam rangka komsos kreatif  Kodim 0824 ini Lomba ini sngat positif sekali dalam rangka memberikan referensi, membuka peluang kepada pelaku-pelaku seni untuk bengkit dan berkreasi kembali, dukungan Kodim 0824 ini memang luar biasa apalagi di Jember ini seni da budaya relatif kurang mendapatkan perhatian.

Kasdim 0824 Mayor Inf Robertus Arda pada kesempatan tersebut saat ditanyakan terkait kelanjutan momentum lomba ini menyatakan ucapan selamat kepada para pemenang dan kepada yang belum memperoleh juara hendaknya terus berlatih, terkait dengan yang juara pada lomba kali ini akan kita bawa ke lomba ditingkat Korem maupun Kodam seperti tahun-tahun sebelumnya.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto  yang tidak bisa hadir pada kegiatan tersebut dalam konfirmasinya menyampaikan permohonan maaf karena sedang melaksanakan dinas luar ke Jakarta kepada Dewan Juri,  para pembina dan peserta semuanya, dan terima kasih atas dukungannya dalam penyelenggaraan Lomba Tari dan Lomba Baca Puisi tersebut.

Pada kesempatan ini saya ucapkan selamat kepada para pemenang, dan kepada yang belum berhasil diharapkan untuk tetap semangat latihan, karena pepatah mengatakan bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, untuk itu tetap semangat demi kelestarian budaya Bangsa Indonesia. Tegas Letkol Inf Rudianto (sis24)

Lebih baru Lebih lama