-->

Ada 11 Cara Untuk Mencegah Serta Mengatasi Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan dipicu oleh banyak hal yaitu faktor pola makan, genetik, dan masih banyak lainnya. Kamu dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan alami tanpa ada efek samping sehingga tidak membahayakan bagi kesehatan tubuh, selain itu lebih murah dan ekonomis. Berikut adalah beberapa cara diet alami dan cepat menurunkan berat badan:

1. Menentukan Target

Target-target kecil bisa dimulai sebagai langkah awal untuk penurunan berat badan, contohnya jika kamu suka ngemil gorengan, mulai sekarang niatlah untuk berhenti atau mengurangi camilan gorengan tersebut.

2. Konsumsi Banyak Air Putih

Banyak praktisi kesehatan selalu menganjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi banyak air putih, yaitu minimal 8 gelas perhari. Memperbanyak mengonsumsi air putih dapat mengurangi resiko dehidrasi, selain itu juga efektif untuk menurunkan berat badan karena lambung akan penuh sehingga kamu akan merasa kenyang meskipun tidak makan.

3. Olahraga /Aktif Bergerak

Salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat diet adalah olahraga. Lakukan olahraga secara rutin untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu jogging, jalan santai, senam aerobik, atau olahraga lainnya. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu maka sempatkanlah untuk berjalan kaki menaiki tangga seperti saat di kantor, jangan menggunakan lift karena dengan menaiki tangga dapat membakar lemak yang dalam tubuh dengan cepat.

4. Konsumsi Kacang Pistachio

Mungkin belum semua orang sering mendengar kacang pistachio. Kacang jenis ini biasanya tumbuh di daerah kering seperti Turkmenistan, Azerbajian Barat dan Iran. Kacang Pistachio relatif lebih mahal dari jenis kacang-kacangan yang lain. Kandung protein dalam kacang pistachio adalah sumber protein terbaik yang sangat rendah kalori. Jadi, jika kamu memiliki uang lebih tidak ada salahnya mencoba makanan ini sebagai salah satu cara diet alami.

5. Mengonsumsi Makanan Yang Mampu Membakar Lemak Dalam Tubuh

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang efektif untuk membakar lemak dalam tubuh secara cepat dan inilah cara diet alami tanpa olahraga:

Buah berry: Ada beberapa jenis buah berry yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu bluberry, raspberry, dan strawberry. Semua jenis buah berry ini rendah kalori dan mengandung flavonoid sehingga cocok dikonsumsi untuk program diet. Selain itu buah ini juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
Telur: Telur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein dan rendah kalori sehingga banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk mengkonsumsi telur saat diet.
Yogurt: Yogurt meryupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan vitamin dan rendah lemak. Jika mengkonsumsi yogurt secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar lemak dalam perut sebanyak 81%.
Teh hijau: Minuman yang banyak dikonsumsi oleh mayoritas orang adalah teh, namun jenis teh yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu teh hijau atau biasa disebut dengan teh olong. Teh hijau mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak dalam tubuh lebih cepat. Jadi jika kamu ingin menurunkan berat badan secara cepat maka konsumsi teh hijau secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.
6. Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Salah satu cara diet alami dalam 1 minggu adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serta. Makanan ini mampu menurunkan berat badan secara cepat dan sehat. Makanan kaya serat dapat diperoleh dari buah dan sayuran, diantaranya adalah kentang, brokoli, bayam, sayuran hijau lainnya, jambu biji, pir, dan pisang.

7. Ganti Karbohidrat Biasa Dengan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan sumber energi dan gula bagi tubuh sehingga tubuh membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup. Biasanya karbohidrat didapat dari nasi, mie, dan lainnya. Ternyata makanan itu sulit untuk diserap oleh tubuh sehingga menumpuk menjadi lemak. Oleh karena itu gantilah karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan, sereal, dan lainnya karena lebih mudah diserap oleh tubuh menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

8. Pilih Makanan Yang Diolah Dengan Cara Tertentu

Akan lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara dikukus atau direbus daripada makanan yang digoreng. Makanan yang dikukus atau direbus mempunyai kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan makanan yang digoreng dalam minyak panas. Apalagi makanan yang digoreng biasanya mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi.

9. Kurangi Konsumsi Makanan Kemasan

Makanan siap saja, makanan kemasan, dan makanan yang digoreng memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, belum lagi bahan pengawet serta garam. Jadi sebaiknya dikurangi ataupun dihindari saat kamu sedang berupaya melakukan diet sehat dan alami.

10. Atur Isi Makanan Di atas Piringmu

Yang harus kamu lakukan adalah mengatur ulang makanan di atas piringmu. Intinya adalah memenuhi sepertiga piring kamu dengan makanan rendah lemak seperti ikan, daging unggas, atau daging tanpa lemak. Selain itu, perbanyak buah dan sayuran serta kacang-kacangan. Pilih juga sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti kentang dan beras merah. Kalau suka buah, pilih yang tidak terlalu manis seperti alpokat, tomat, dan apel.

11. Perhatikan Pola Makan Malam

Untuk menurunkan berat badan tidak perlu untuk meninggalkan makan malam tetapi kamu perlu memperhatikan pola makan malam. Pada malam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas sehingga hanya membutuhkan asupan energi dan gula dalam jumlah yang kecil. Jadi atur pola makan malam kamu dengan memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah, selain itu juga hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan jika tidak ingin perut menjadi besar (buncit).
Lebih baru Lebih lama