-->

Ini Dia, Upgrade Sukhoi dan Pesawat Intai Strategis Milik TNI AU

Saat ini, Skadron 11 memiliki 16 pesawat Sukhoi yang terdiri atas Sukhoi 27 SK dan Sukhoi 30 SK. Namun, beberapa pesawat Sukhoi itu sedang tidak berada di Lanud Hasanuddin.

“Ada 2 yang standby jenis Sukhoi 27 SK, 2 pesawat sedang ada di Skadron teknik, 4 pesawat lagi perawatan tingkat besar atau di-upgrade di Belarus, dan 8 pesawat kita move ke Madiun untuk persiapan HUT TNI AU tanggal 9 April,” ujar Mayor (Penerbang) Setyo Budi, seperti dikutip Detik.com pada Kamis (30/3/2017).

Skadron 5 Intai Strategis memiliki 4 Pesawat Boeing 737-200 Intai dan 1 CN 235 NP. Setiap pesawat yang ada Skadron 5 dilengkapi radar dan kamera yang mampu mengambil data dari ketinggian 3.500 feet. Saat ini, pesawat-pesawat tersebut sedang diperbarui sistemnya.

Di Detasemen Pertahanan Udara Paskhas 472 Sultan Hasanuddin, yang dilengkapi 2 set persenjataan pertahanan titik. Satu set terdiri atas 2 meriam jarak jangkau efektif 5 kilometer buatan Swiss, command pos untuk operator radar, dan 2 truk pengangkut dan sejumlah rudal Chiron buatan Korea Selatan dan QW-3 buatan China. (http://www.militerhankam.com)
Lebih baru Lebih lama