-->

PENYULUHAN PERTANIAN DAN PEMBAGIAN BIBIT MANGGA DAN BIBIT KOPI VARIETAS ROBUSTA


Pasuruan | TRIBUNUS.CO.ID   -Kegiatan TMMD ke 100 tahun 2017 dalam pelaksanaannya bukan sasaran fisik saja tetapi kegiatan non fisik juga dilaksanakan seperti Kegiatan penyuluhan serta pembagian bibit mangga dan,bibit kopi varietas Robusta 1200 buah dari Dinas Pertanian Kab.Pasuruan bertempat di Balai Ds.Panditan Kec.Lumbang Kab.Pasuruan melalui program TMMD ke 100 tahun 2017 di Desa Panditan Kec. Lumbang kab. Pasuruan. 

Dalam penyuluhan tersebut dinas Pertanian Kab. Pasuruan menyampaikan bahwa tanaman mangga yang mempunyai rasa buah yang manis ini terbilang tanaman yang mudah dalam perawatannya. Meskipun cara merawat pohon mangga agar cepat berbuah tidak membutuhkan perawatan yang intens, namun tumbuhan ini akan tetap tumbuh dengan baik. Sedangkan Robusta berasal dari kata ‘robust’ yang artinya kuat, sesuai dengan gambaran postur (body) atau tingkat kekentalannya yang kuat.

Kopi robusta bukan merupakan spesies karena jenis ini turunan dari spesies Coffea canephora. Karena Robusta dapat tumbuh di dataran rendah, namun lokasi paling baik untuk membudidayakan tanaman ini pada ketinggian 400-800 meter dpl. Suhu optimal pertumbuhan kopi robusta berkisar 24-30oC dengan curah hujan 2000-3000 mm per tahun.

"Kopi robusta sangat cocok ditanam di daerah tropis yang basah. Dengan budidaya intensif akan mulai berbuah pada umur 2,5 tahun. Agar berbuah dengan baik, tanaman ini membutuhkan waktu kering 3-4 bulan dalam setahun dengan beberapa kali turun hujan. " jelas petugas dari Dinas Pertanian saat menyampaikan penyuluhannya.  /HME
Lebih baru Lebih lama