-->

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Kembali Temukan Ladang Ganja Di Daerah Perbatasan


Keerom. Berbagai upaya pengamanan di wilayah perbatasan darat RI – PNG dalam rangka menciptakan suasana yang aman, nyaman dan kondusif terus dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/QY, diantaranya melalui kegiatan patroli keamanan dan sweeping darat. Kegiatan patroli keamanan yang dilakukan oleh prajurit Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/QY kembali berhasil menemukan tanaman ganja setinggi 1,5 s.d 2 meter di wilayah perbatasan RI – PNG.Selasa (31/10/2017)

Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos menyampaikan bahwa penemuan tanaman ganja kali ini berbeda dengan penemuan- penemuan sebelumnya. Penemuan kembali tanaman ganja oleh prajurit Satgas Yonif Mekanis 512/QY kali ini adalah murni dari pelaksanaan kegiatan patroli keamanan wilayah Pos Kalimo yang dipimpin oleh Letda Inf Eko Widiyanto Kompi A Satgas Yonif Mekanis 512/QY. 

Penemuan ladang/kebun ganja kali ini adalah untuk yang ketiga kalinya bagi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY selama melaksanakan tugas Pengamanan perbatasan mulai bulan Mei 2017 di wilayah Kab. Keerom dan Kab. Pegunungan Bintang. Disamping menemukan tanaman/kebun ganja, sepuluh hari sebelum penemuannya yang ketiga ini, Satgas Yonif Mekanis 512  juga menemukan satu paket daun ganja kering yang dibawa oleh oknum pelajar SMK di wilayah Distrik Senggi melalui kegiatan Sweeping.   

Letda Inf Eko Widiyanto selaku dantim Pos 3/A Kalimo yang memimpin pelaksanaan Patroli keamanan menyampaikan bahwa penemuan tanaman ganja ini adalah secara tidak sengaja. Tanaman tersebut berada di bantaran sungai di tengah hutan wilayah distrik Waris. Kedudukan/titik tersebut termasuk dalam koordinat rute patroli keamanan yang dilaksanakan oleh tim Patroli Pos 3/A Kalimo. Setelah melaksanakan penyisiran dan pencabutan pohon-pohon ganja setinggi 1,5 s/d 2 M tersebut selanjutnya tim patroli melanjutkan kegiatan patroli menuju cek point yang telah ditentukan dan bergerak kembali menuju Pos. Setiba di Pos, secara hierarki Dan Pos Kalimo Letda Inf Eko Widiyanto melaporkan penemuan tersebut selanjutnya menyerahkan barang bukti ke Kepolisian Sektor Waris.


Menindaklanjuti hasil penemuan ladang ganja yang ke tiga di wilayah Distrik Waris ini, Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos. Memberikan Intruksi kepada seluruh pos jajaran Satgas Yonif Mekanis 512/QY untuk terus meningkatkan intensitas kegiatan patroli keamanan dan sweeping serta aktif mencari dan menggali informasi terkait dengan keberadaan ladang ganja lain yang dimungkinkan masih terdapat di sekitar perbatasan RI-PNG.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama