-->

TMMD NGAWI GELAR PENYULUHAN UMKM DAN KOPERASI SIMPAN PINJAM

NGAWI   -  Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 Kodim Ngawi pada hari Kamis, (12/10/2017) mengadakan program non fisik yaitu Penyuluhan UMKM (Usaha Menengah Kecil Mikro) dan Koperasi Simpan Pinjam yang dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB tepatnya di Balai Desa Mengger yang dihadiri oleh Kades Mengger Kadi Widodo serta warga Desa Mengger. Pembicara dalam penyuluahan UMKM tersebut didatangkan dari UMKM Ngawi yaitu Bapak Eko Prasetyo dan juga  Ketua Koperasi Kodim 0805 Ngawi yaitu Kapten Czi M. Nurfolasohi.

Dalam sambutannya Eko Prasetyo mengatakan,  pembangunan ekonomi di Indonesia, UMKM selalu digambarkan sebagai sektor yang mempunyai peranan yang penting karena sebagian besar jumlah penduduknya berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha kecil baik di sektor tradisional maupun moderen. Peranan usaha kecil tersebut menjadi bagian yang diutamakan dalam setiap perencanaan tahapan pembangunan perekonomian Indonesia. Peranan perokonomian sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari pembangunan ekonomi pedesaan.

Secara garis besar, terdapat 3 kebiajakan pokok yang dibutuhkan dalam pemberdayaan UMKM. Pertama, menciptakan iklim usaha yang kondusif sekaligus menyediakan lingkungan yang mampu mendorong pengembangan UMKM secara sistemik, mandiri, dan berkelanjutan. Kedua, menciptakan sistem penjamin secara finansial terhadap operasionalisasi kegiatan usaha ekonomi produktif yang dijalankan oleh UMKM. Ketiga, menyediakan bantuan teknis dan pendampingan secara menejerial guna meningkatkan status usaha UMKM agar berkelanjutan dalam jangka panjang.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa penyuluhan ini bertujuan meningkatkan para pelaku usaha kecil dan menengah serta dalam mendapatkan permodalan khususnya bagi pelaku usaha di Desa Mengger. Betapa banyaknya pengusaha mikro dan kecil yang harus diberdayakan untuk menciptakan 1 orang kesempatan kerja atau kesempatan usaha tambahan baru maka akan tercipta kesempatan kerja baru. Ini artinya jika kita mampu memberdayakan UMKM tersebut, upaya pemberantasan kemiskinan akan berhasil secara signifikan.

Lebih baru Lebih lama