Loading...

Kerja Sama Lintas Sektor, Kodim 0819 Gelar TNI Manunggal KB Kesehatan

Loading...
TRIBUNUS.CO.ID PASURUAN,  SENIN (19/12) Kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan yang dilaksanakan di Aula Kodim 0819 Pasuruan, merupakan kegiatan terpadu antara instasi TNI dan Dinas KBPP Kabupaten Pasuruan serta Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan kali ini mengambil tema “Melalui Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan Kita Sukseskan Program KKBPK dalam mewujudkan Penduduk Tumbuh Seimbang dan Masyarakat Sehat”.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran Kodim 0819 Pasuruan beserta anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXIII Kodim 0819 Pasuruan, Camat se-Kabupaten Pasuruan, Koordinator Penyuluh KB se-Kabupaten Pasuruan dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Pasuruan.

Dalam sambutannya Dandim 0819 Pasuruan yang diwakili oleh  Kasdim 0819 (Mayor Inf Soebagjo Pujiarni, S.Sos),  menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Dinas KBPP, Dinas Kesehatan serta warga masyarakat yang telah berpartisipasi membantu dan mendukung kegiatan Bakti Sosial TMKK yang merupakan agenda tahunan TNI bersama BKKBN dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pemberdayaan dan pembinaan keluarga dan program TNI Manunggal KB Kesehatan  (TMKK)  yang berjalan mulai bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2017 bertujuan untuk terlaksananya percepatan pembangunan dan KB.  Agar  seluruh lapisan masyarakat dari kota sampai ke pelosok desa merasakan dan mendapatkan penyuluhan KKBPK maupun pelayanan kesehatan terutama di bidang KB dan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai basis ketahanan nasional.

Hal ini pula yang diungkapkan oleh ibu Ir. Yetty Purwaningsih, MMA selaku Kepala Dinas Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan bahwa kerjasama TNI dengan BKKBN sudah terkuatkan adanya Nota Kesepahaman Nomor 246/KSM/G-2/2014 serta KERMA/32/IX/2014 tentang Penguatan dan Percepatan Pencapaian Sasaran Program Kependudukan, Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga. Ungkapnya.

Sasaran Program TMKK adalah Pelayanan Keluarga berencana yang meliputi Safari Pemasangan Alat Kontrasepsi MKJP (Implan dan IUD) dilaksanakan secara serentak tanggal 18 Desember 2017 di semua Puskesmas Kabupaten Pasuruan, Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) di beberapa Pondok Pesantren, pemberdayaan dan ketahanan keluarga, immunisasi, Penyuluhan kesehatan ibu dan anak (KIA) serta Sosialisasi tentang Metode Kontrasepsi MOP/Vasektomi oleh dr. Ragil Beny Nugroho dan motivator MOP  dari jajaran Kodim 0819 Pasuruan  (Pelda Supriyanto) dengan moderator drg.Erna Budiastuti, MM dilanjutkan dengan pelayanan vasektomi kepada beberapa anggota Koramil 0819/23/ Sukorejo.

Dalam acara kegiatanbtersebut ada beberapa penghargaan yang diberikan oleh Kodim 0819 Pasuruan kepada Puskesmas dengan capaian pelayanan Kontrasepsi tertinggi dalam pelaksanaan TMKK yaitu Puskesmas Purwodadi, Puskesmas Purwosari, Puskesmas Sukorejo. Juga penghargaan kepada Petugas Penyuluh Keluarga Berencana dengan perolehan akseptor terbanyak dalam TMKK diberikan kepada Sulistiani, SE (PKB Ke.Purwodadi), Ambar Sugiwati, SPd (PKB Kec.Rejoso) serta Dra. Tatik Komaria (PKB Kec. Bangil).

Mengakhiri acara, dilakukan peninjauan pelayanan pemasangan Implan dalam bus Pelayanan sebanyak 16 akseptor dari Kecamatan Lekok dan Lumbang.
Untuk kedepannya Kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan akan tetap dilaksanakan sebagai upaya komprehensif pemerintah dengan jalinan kerjasama kuata antara TNI, BKKBN dan Departemen Kesehatan untuk membangun kualitas SDM Indonesia dari inti terkecil masyarakat yaitu keluarga. (anto)
Posting Komentar