Loading...

Warga Sudah Bisa Mengakses SKCK Online, Ini Detailnya

Loading...
TRIBUNUS MALANG - Kemajuan teknologi memang punya dampak yang cukup baik bagi kehidupan manusia. Dengan internet, kita bisa terhubung dengan kerabat yang jaraknya tak terjangkau tangan, mendapat informasi berguna dari mesin pencari, sampai mengurus segala aplikasi dan pendaftaran dokumen secara online.

Salah satu dokumen yang bisa diperoleh secara online adalah SKCK. Siapa sih yang tidak kenal dengan surat sakti yang satu ini? SKCK atau yang memiliki kepanjangan Surat Keterangan Catatan Kepolisian ini merupakan dokumen khusus yang menerangkan bahwa kita adalah warga negara yang bersih dan tidak pernah terlibat dalam segala tindak kriminal yang merugikan bangsa dan negara.

Kini untuk membuat SKCK kamu tidak harus antri berlama-lama. Cukup mengakses website atau halaman resmi pendaftaran SKCK online, masukkan secara detail informasi yang diperlukan, upload berkas ke website, lalu selesai.

Untuk mendapat SKCK secara online, kamu perlu mengakses website resmi yang sesuai dengan domisili kamu tinggal.
 Website ini diklasifikasikan berdasarkan provinsi. Jadi antara provinsi satu dengan yang lainnya punya halaman web yang berbeda.

Kalau sudah masuk ke website, kamu akan diarahkan untuk mengisi formulir online dan meng-upload berkas-berkas yang diperlukan. Untuk bisa mengunggah berkas, kamu harus men-scan terlebih dahulu.

Setelah semua proses pendaftaran selesai, kamu akan diberi nomor registrasi untuk keperluan mengambil SKCK di loket Polsek/Polres. Meski demikian, kamu hanya punya waktu 3 hari sejak pendaftaran dinyatakan berhasil. Jadi jika dalam 3 hari tersebut kamu tak kunjung datang ke loket, artinya pendaftaran akan dianggap hangus dan kamu harus mendaftar ulang.

Situs SKCK Online Polri
Untuk warga Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi bisa melakukan pembuatan SKCK melalui website Polri skck.polri.go.id.
Polda Jawa Barat
Bagi warga jawa barat kamu dapat melakukan pembuatan SKCK online dengan mengakses terlebih dahulu di website skck.poldajabar.org. daftarskckbogor.com
Polda Jawa Tengah
Warga jawa tengah kamu tidak perlu khawatir karena kamu dapat mengakses website berikut ini skck.jateng.polri.go.id.
Polda Jawa Timur

Untuk masyarakat Jawa Timur, silakan kunjungi alamat ini jatim.skck.online, sidoarjo.skck.online, resmalangkotaskck.com, polresbanyuwangi.com
Polda Bali
Warga bali sekarang ini juga dapat membuat SKCK secara online dengan mengakses di alamat bali.polri.go.id.
Polres Pontianak
Yang tinggal di Kota Pontianak, Kalimantan Barat dapat mengurus SKCK Online di skck.polrestapontianakkota.org.
Polres Barelang
Warga Pulau Batam, Pulau Rempang, dan Pulau Galang dapat mengakses website polrestabarelang.com.
Polres Palembang
Warga palembang dapat mengaskes di restapalembang.org.

Selanjutnya adalah biaya yang harus kamu bayar saat membuat SKCK secara online, simak ya.
Pada dasarnya, biaya membuat SKCK online maupun offline sama saja.

Sebelum diberlakukannya peraturan baru, biaya pembuatan SKCK adalah sebesar Rp10.000. Namun sejak 6 Januari 2017 lalu, penerbitan SKCK naik menjadi Rp30.000.Kabar baiknya, biaya tersebut berlaku sama di seluruh Polres/Polsek di wilayah Indonesia. Jadi kamu tak perlu bingung lagi bertanya sana-sini mengenai nominal yang harus dikeluarkan ketika mengurus pembuatan SKCK online maupun offline.

Hidayat.

Posting Komentar