KEJADIAN BENCANA ALAM PUTING BELIUNG DI DESA KASEMBON BULULAWANG MALANG - TRIBUNUS.CO.ID

Breaking

19 Januari 2018

KEJADIAN BENCANA ALAM PUTING BELIUNG DI DESA KASEMBON BULULAWANG MALANG


MALANG, TRIBUNUS.CO.ID - Bencana alam angin kencang memporak-porandakan Desa Kasembon, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang. Akibatnya, 10 rumah warga rusak akibat terjangan angin kencang yang terjadi dalam waktu singkat itu.

Kepala Bidang Kedaduratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setyono mengatakan, selain 10 rumah warga yang rusak juga ada sebuah kandang sapi dan peternakan ayam yang roboh dan rata dengan tanah akibat angin kencang itu, pada saat kejadian kandang sedang kosong karena baru di panen. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, Jumat (19/1).

“Jadi akibat hujan sesaat tadi ada beberapa kejadian, dan yang terparah di Kasembon ini. Bukan angin puting beliung sebenarnya, karena intensitasnya tidak terlalu besar juga tidak kecil,” kata pria yang akrab disapa Walet itu kepada awak media di lokasi.

Akibat terjangan angin kencang itu, pemadaman listrik di desa setempat juga dipadamkan untuk menghindari hubungan pendek arus listrik, mengingat beberapa pohon tumbang juga mengenai kabel listik. Personil BPBD dan relawan gabungan juga langsung diterjunkan untuk membersihkan puing-puing bangunan yang rusak.


“Kita dari BPBD dan Polri terjunkan kurang lebih 32 personil dibantu relawan gabungan dan masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut, Walet menjelaskan bahwa diprediksi cuaca buruk akan terus terjadi hingga beberapa hari kedepan. Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk selalu waspada.

“Ini seperti prediksi BMKG, karena tekanan angin yang besar. Kita siaga sampai Februari, tergantung situasi nanti bisa di perpanjang,” jelasnya.

Sementara itu, penjaga kandang peternakan ayam yang roboh akibat angin kencang itu, Fatoni mengungkapkan jika angin kencang menerjang kurang lebih 1 menit. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Kejadiannya waktu mendung tadi lalu disusul angin kencang. Banyak yang rusak seperti tempat pakan ayam, kalau kerugian ya sampai Rp 70 juta


Posting Komentar