loading...

PASURUAN, TRIBUNUS.CO.ID  - (24/02) Pukul 08.00 WIB Babinsa Kedawungkulon Kecamatan Grati (Serda Dedy Kurniawan) bersama warga dan perangkat desa melaksanakan Kerja Bhakti pembersihan Sampah yang menyubat saluran Irigasi di Rt 03 Rw 01 Dusun Magersari Desa Kedawungkulon Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Kedawungkulin Bpk. H Sugiharto Beserta perangkat Desa, Babinsa Desa Kedawungkulon Serda Dedy Kurniawan, anggota BPBD Desa Kedawungkulon dan  mMasyarakat Dusun magersari + 20 Orang.

Kegiatan  tersebut bertujuan untuk mengantisipasi genangan air pada saat  hujan turun lebat. Sehingga aliran irigasi dan pintu-pintu air akses ke sungai besa mengalir dan tidak tersumbat dan lancar.

Pada kesempatan tersebut Danramil Grati  (Kapten Arh Nono S) mengatakan,  kegiatan tersebut difokuskan pada pembersihan sampah yang menyumbat saluran irigasi, serta dilakukan pengerukan endapan tanah yang mengakibatkan pendangkalan dengan menggunakan cangkul , sehingga air dapat mengalir dengan lancar serta dengan  debit yang cukup.  hal tersebut sesuai harapan para petani yang tengah membutuhkan cukup air untuk pengolahan lahan serta penyemaian benih padi, Tegas Danramil.



Perangkat Desa berharap agar saluran irigasi yang sudah dibersihkan dapat dijaga bersama-sama dengan baik, jangan justru malah dilobangi , sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang cukup lama. Terutama untuk persiapan masa tanam supaya sawah cukup terairi, sehingga bisa lebih meningkatkan hasil panen untuk mewujudkan swasembada pangan terutama padi sehingga negara kita tidak perlu lagi mengimport beras dari negara lain terutama di Kec Grati tidak kekurangan beras sehinga masyarakat dapat hidup makmur. Selain kegiatan tersebut merupakan wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat. (Jon))


loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar