-->

Peran Aktif Sertu Sunandar Babinsa Koramil Sugio Saat menjalankan Tugasnya

LAMONGAN - Untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian di wilayah Kecamatan Sugio, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0812/13 Sugio, Sertu Sunandar Dan Serda Edy melakukan pendampingan petani panen padi di lahan sawah milik Bapak Misbach Poktan Tani Makmir (4H) Dan milik Bapak Suhartono Poktan Sri ganding (3H),Rabu 14/02

Menurut Danramil 0812/13 Sugio Kapten Inf Heru S Kapten menyampaikan “Kegiatan itu sendiri dilakukan berdasarkan instruksi Dandim 0812 Lamongan Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa, kepada seluruh Koramil jajaran untuk melaksanakan monitoring dan pengecekan panen maupun kesuburan tanaman padi di wilayah masing-masing,” katanya.

Para Babinsa diminta pendampingan petani maulai tanam padi dan mewaspadai terhadap penyebaran hama hingga panen padi di wilayah.

Selain itu Babinsa dituntut agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal. "Guna mencapai hasil yang maksimal, kami dan Babinsa diperintahkan ikut mendampingi petani, dari penyiapan lahan sawah, penyemaian bibit, monitoring perkembangan dan kesuburan tanaman hingga panen dan penyaluran ke Bulog," terang Kapten Inf Heru S.

Lanjut Danramil mengungkapkan “Untuk menggenjot produktifitas panen, lanjut dia, pihaknya sudah mengintruksikan agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam dengan mendukung prasarana mesin pertanian dan perluasan lahan, sehingga target produksi tersebut mampu dicapai dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional,” ungkapnya.

Babinsa pendampingan tanam hingga panen padi itu, kata Danramil, juga dimaksudkan untuk memberi support kepada masyarakat agar lahan sawah yang ada di desa terus dijaga. Sehingga kebutuhan padi di Kab Lamongan bisa terus ditingkatkan.

“Seperti yang kita ketahui bahwa banyak anak muda yang tidak tertarik bekerja di sawah. Hal ini membuat beberapa lahan persawahan di desa/kampung menjadi tak terurus lagi. Untuk itu, dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memancing warga pedesaan mau tetap melakukan penanaman padi dan tetap menjaga persawaan,” katanya.   (tg)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama