Bantu Petani, Babinsa Koramil 0819/25 Ikut Bersihkan Gulma - TRIBUNUS.CO.ID

Breaking

21 Maret 2018

Bantu Petani, Babinsa Koramil 0819/25 Ikut Bersihkan Gulma


PASURUAN, TRIBUNUS.CO.ID - Pukul.09.00  wib  Babinsa Kel Gadingrejo Serma Andi Lala melaksanakan Pendampingan Upsus - membantu membersihkan Rumput - (Gulma) Lahan/Sawah milik petani Ali Hasnan warga Lingk Kel Gadingrejo Kec. Gadingrejo Kota Pasuruan. Selasa 20/03


Danramil 0819/25 Gadingrejo Kapten Inf Yudi santriyo menjelaskan gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam stadia pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen, jelasnya.


Lanjut Kapten Inf Yudi santriyo, gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya. Di samping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga kalau kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian akan kita dapatkan termasuk kerugian akibat peledakan hama dan penyakit.

Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida, imbuhnya.


Dengan adanya kegiatan itu, tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal. 
Posting Komentar