loading...

JOMBANG, TRIBUNUS.CO.ID - Kelurahan /Desa Berseri ( Bersih dan Lestari) merupakan salah satu program Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup menuju Provinsi Hijau. dan juga merupakan program desa dalam pemberdayaan masyarakat dan aparatur desa agar mampu menumbuh kembangkan potensi desa, sehinga semua lapisan masyarakat berperilaku dan berbudaya ramah lingkungan untuk mewujudkan desa yang bersih dan lestari.

Salah satunya yang ada di Desa Badang Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang, dimana beberapa jalan dusun terlihat beragam tanaman bunga yang tertata rapi nan indah, salah satunya yang menonjol adalah Dusun Wates Desa Badang.Jum'at (30/3/2018).

Kepala Desa Badang, Desie Retno Wadhani mengatakan, Selain di Dusun Wates  beberapa Dusun lainnya juga turut serta menghiasi jalan mereka masing masing diantaranya Dusun Watulintang Dusun Wedani Dusun Badang dan Dusun Sukotirto ,ini dilakukan karena Desa Badang merupakan wakil Kabupaten Jombang dalam program Provinsi Jatim melalui Dinas Lingkungan Hidup yang sedang dilombakan.

Tidak hanya semata mata untuk memenangkan lomba baru ada gerakan, namun kondisi bersih dan asri ini harus dipertahankan dan bisa menjadi pola hidup warga masyarakat Desa Badang "tutur Desie saat ditemui dirumahnya.

Lanjut Desie, Di Dusun Wates merupakan Dusun yang paling menonjol karena masyarakatnya yang terdiri dari 102 kepala keluarga benar benar peduli dengan lingkungan, guyup rukun dan bersatu, sehingga dapat dilihat saat ini, disepanjang jalan hingga pertigaan dan perempatan nampak tertata rapi nan indah dengan beragam macam tanaman bunga, selain terlihat rapi ,disetiap kebun juga terpajang papan tulisan jenis tanaman yang warga tanam ,seperti kunyit, lengkuas dan lain sebagainya. tak hanya itu saja masyarakat Wates juga peduli akan kebersihan lingkungan sehingga sepanjang jalan tersebut tak sedikitpun terlihat sampah berserakan. karena disetiap tanaman  bunga, warga juga menyediakan tempat sampah.

Sungguh dapat menjadi suatu percontohan bagi daerah lainnya, karna anak anak kecil seusia SD pun juga turut peduli akan lingkungan yang bersih dan lestari , hal ini dijumpai ketika anak anak itu memunguti sampah sampah plastik maupun yang dapat dijual langsung ke pembeli barang bekas ,sehingga setiap harinya Dusun Wates terlihat bersih dan rapi .
(har)

loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar