Untuk Deteksi Dini, Para Istri Tentara Di Tuban Ini Harus Jalani Tes IVA - TRIBUNUS.CO.ID

Breaking

21 Maret 2018

Untuk Deteksi Dini, Para Istri Tentara Di Tuban Ini Harus Jalani Tes IVA


TUBAN, TRIBUNUS.CO.ID -  Dalam rangka HUT ke-72 Persit Kartika Chandra Kirana, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVIKodim 0811/Tuban, menggelar kegiatan pemeriksaan Iva Test, bertempat di Makodim setempat, Selasa (20/3/2018).

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVIKodim 0811/Tuban Ny. Dewi Nur Wicahyanto menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Puskesmas Tuban, Puskesmas Kebonsaridan Poskes Tuban yang merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.

“Hasil pemerikasaan lebih cepat dan singkat karena langsung bisa dilihat pada perubahan warna serviknya dan pemeriksaan deteksi dini IVA Test ini, diharapkan bisa mengantisipasi dan mencegah penyakit kanker rahim bagi ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVIKodim 0811/Tuban,” jelasnya.

Sementara itu, dr. Ria Tri Wahyuni dari Puskesmas Tuban menyebutkan, setiap manusia memiliki sel kanker, akan tetapi bagaimana kanker itu berkembang tergantung dengan pola hidup seseorang. Untuk mengantisipasi itu semua, mulai dari sekarang untuk menjaga pola makan dan berolah raga.

“Tes  IVA ini juga   merupakan  salah satu  upaya  pemeriksaan  awal  yang diprioritaskan bagi perempuan, agar dapat dilakukan penanganan cepat dan tepat bila diketahui adanya gejala penyakit tersebut, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mendorong program nasional dan internasional dalam menekan jumlah penderita kanker serviks,” ungkap dr. Ria.
Posting Komentar