loading...
PALANGKARAYA  -  Pada tiap kunjungan atau  roadshow Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian ke daerah senantiasa penuh dengan kejutan-kejutan yang jarang kita mendengar dan melihatnya. Di mana dalam dua bulan terakhir ini, Panglima TNI dan Kapolri secara bersama-sama melaksanakan safari politik negara ke sejumlah wilayah di Indonesia. Kali Ini di Kalteng

Dalam setiap safarinya, kedua jenderal ini memberikan pengarahan kepada prajurit TNI dan Polri terkait dilaksanakannya pemilihan kepala daerah di 171 wilayah di tahun 2018, dan pemilihan presiden tahun depan.

foto: Beni.andrian
“Tetap terus jaga netralitas dan soliditas dengan cara apapun, mulai dari olahraga bersama, makan bersama, dan saling kunjung mengunjungi. Hanya ada satu komando tegak lurus TNI dan Polri yaitu dari Panglima TNI dan Kapolri,” tegas Marsekal Hadi di setiap kunjungannya.


Nah, saat berada di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah (26/4/2018), Panglima TNI dan Kapolri terlihat surprise dengan laporan Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko.

Karena ternyata soliditas TNI dan Polri di wilayah Kalteng sudah menapak sangat jauh, dan mungkin meninggalkan wilayah-wilayah lainnya.

Jika menyimak laporan Brigjen Anang, Polda Kalteng dan Komando Resort Militer 102/Panju Panjung (Korem 102) dinilai telah membina hubungan yang out of the box.

Olahraga bersama, makan bersama dan silaturahim sudah mulai biasa. Satu hal yang termasuk baru adalah melaksanakan latihan bersama antara pasukan Brimob Polda Kalteng dan Batalyon Infanteri Raider 631/Antang Elang.

“Kata Presiden dengan modal satu gelas kopi TNI dan Polri saja, maka pasti rasa aman akan tercipta,” ujar Anang mengutip pidato Presiden Joko Widodo saat membuka Rapim TNI-Polri 2018 beberapa waktu lalu.

Sebagai realisasinya, Polda dan Korem pun melaksanakan berbagai kegiatan bersama seperti apel bersama dan patroli bersama.

“Tidak ada lagi patroli sendiri-sendiri, patroli Babinsa dengan Babhinkamtibmas patroli Korami dengan Polsek, Raider dengan Sabhara dan Brimob. Kami juga laksanakan latihan uji matra secara bersama, serta latihan pengamanan Pilkada kami laksanakan bersama-sama,” jelas Anang.

Namun dari semua penjelasan Brigjen Anang, mungkin kegiatan yang terakhir ini paling luar biasa. Yaitu melaksanakan acara ulang tahun Brimob ke-72 pada 14 November 2017 di Mako Yonif Raider 631.

“Mungkin ini sejarah baru, acara ulang tahun Brimob kemarin dilaksanakan di Batalion Raider 631. Mohon izin Pak Rudy, mungkin baru sekali ini terjadi,” jelas Anang kepada Komandan Korps Brimob Irjen. Pol. Drs. Rudy Sufahriadi.

“Jadi dari segelas kopi, kami laksanakan latihan bersama di Raider, maka Pilkada besok kami jamin aman komandan,” kata Anang lagi.

Pengarahan Panglima TNI dan Kapolri kepada prajurit TNI dan Polri se-wilayah Kalteng, dihadiri 2.196 prajurit yang mewakili 9.324 prajurit TNI dan Polri di Kalteng. Khususnya untuk Danramil dan Kapolsek, seluruhnya hadir.

Kalteng memiliki wilayah yang sangat luas, dan hanya dikalahkan oleh Papua. Terdapat 10 kabupaten dan satu kota yang melaksanakan Pilkada di Kalteng.    /beny adrian/mylesat.com
loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar