loading...


Aksi Long March Mayor purnawirawan Elly Johanis Latuperrisa menempuh perjalanan dengan rute, dimulai  tanggal 21 April 2018 pukul 06.00 Wib, dari Cilacap, menuju Surabaya melalui jalur selatan pulau jawa, dan kembali dari Surabaya ke Jakarta  melalui jalur pantura pulau jawa, jarak tempuh tiap hari lebih kurang 20km.

Pada hari Kamis tanggal 26 April 2018 pukul 15.00 s.d 20.30 telah tiba di wilayah, meginap di Koramil 01,Kodim 0708/Purworejo  aksi Long March anggota Veteran Cilacap, atas nama  Elly Johanis Latuperrisa umur 71 tahun, pangkat Mayor Purnawirawan.

Dalam melaksanakan aksinya Mayor Purnawirawan  Elly Johanis Latuperrisa , mantan Yonif 733/Masariku , Ambon, mendapat simpati dari comunity  relawan  jalan di setiap kota yang dilintasi, termasuk Relawan Jalan Purworejo(RJP) ikut mengawal dan mengamankan lalulintas.
 Sesuai hasil wawancara /elisitasi dengan anggota Veteran Cilacap tsbt, terkait maksud dan tujuan serta motif aksi long march adalah  ingin menyampaikan  aspirasi dalam bentuk rasa keprihatinannya terhadap pemerintah.

Selama ini para pejuang/ Veteran, yang pernah berjuang merebut , mempertahankan kemerdekaan serta mempertahankan kedaulatan wilayah NKRI, namun kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

Walaupun telah lama menjadi purnawirawan, tetapi selalu mengikuti perkembangan berita, informasi khususnya fungsi dan tugas pokok TNI,  menjaga keutuhan, kedaulatan negara, sebagai perekat anak bangsa, namun tarap hidup nya masih sangat rendah.

Sebagai TNI baik purnawirawan maupun yang masih aktif dalam dinas. tidak akan protes terhadap pemerintah, karena memiliki Sapta Marga dan sumpah prajurit, berjiwa kesatria, menerima apa adanya, tetapi perlu diperhatikan juga kesejahteraanya. sehingga para parjurit dapat melaksanakan tugas sesuai jatidiri sebagai prajurit yg berasal dari rakyat ,berjuang bersama rakyat demi dan untuk rakyat.

Pemerintah harus belajar dari pengalaman khususnya  anggota TNI yg di level bawah, mereka rela meninggalkan keluarganya pergi berjuang ,siap mati di medan pertempuran, tetapi penghasilannya  sangat kecil jika dibandingkan dengan penyelengara negara lainnya(komponen bangsa lainya)

Selain memperjuangkan nasib seluruh Veteran Indonsia, Mayor purnawirawan Elly Johanis Latuprrisa ingin menyarankan kepada Presiden RI Joko Widodo untuk membangun jembatan yg menghubungkan Cilacap dan pulau Nusa kembangan.

 Inilah wujud keprihatinan saya sebagai pejuang, sehingga tujuan saya melakukan aksi ini adalah ingin memperjuangkan nasib purnawirawan maupun TNI yang masih akitf , bahwa saya akan menyampaikan langsung kepada bapak Presiden Jokowi.

Riwayat singkat  Penugasan :
a. Nama         :  Elly Johanis Latuperrisa
b. Pangkat     : Mayor Purnawirawan
c. Satuan.       : Anggota Veteran kabupaten Cilacap
d. TTL.             :  Maluku 3 September 1947.
e.Alamat    : Jl Baruna timur 6 Perum Tegal Asri No 207 Cilacap selatan.
f. Oprasi yang pernah dilaksanakan :
1. Operasi Pembebasan Irian barat(1963)
2.Operasi  Trikora di Irian ,sebanyak 4 kali (1968 s.d 1976)
3.Operasi Seroja di Timor timur sebanyak 2 kali(1978 s.d 1982)

 Pada hari Jumat tgl 27 April 2018 pukul 06.00wib, Mayor purnawirawan Elly Johanis Latuperrisa melanjutkan perjalanan dimulai halaman Koramil 01/Purworejo, menuju  kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Mohon batuan seluruh rekan rekan aparat kewilayahan(Koramil, Babisa) agar memonitor.
 Sepanjang rute selatan pulau jawa, Mayor purnawirawan Elly Johanis Latuperrisa  melaksanakan istirahat malam di Koramil atau Polsek terdekat.   Demikian dilaporkan.  (hum/penRH/red)






loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar