JOMBANG, TRIBUNUS.CO.ID  -    Jamur adalah jenis tumbuhan yang biasa menjadi makanan. Jenis tumbuhan ini telah lama dikenal oleh manusia. Diperkirakan semenjak abad ke XIV, saat dinasti Ming berkuasa di daerah China, jamur telah menjadi menu spesial bagi pejabat negara tersebut. Cita rasa jamur yang unik dan lezat ini terus menyebar ke berbagai belahan dunia melalui perjalanan dagang. Hingga saat ini jamur terus berkembang menjadi makanan yang cukup diidolakan oleh banyak orang, budidaya jamur tiram sangat cocok untuk daerah beriklim tropis seperti Indonesia.

Di sela-sela kegiatan Satgas TMMD 101 Kodim 0814 Jombang Peltu Ahmad Khoiri dan rekan rekannya menyambangi tempat budidaya jamur yang berada di desa Sidokaton kecamatan Kudu Kabupaten Jombang. Jum’at  27 April 2018 .

Dalam kunjungannya tersebut, Peltu Ahmad Khoiri berharap agar budidaya jamur tiram dapat dikembangkan maupun diikuti oleh kelompok tani di tempat lain sehingga dapat membantu meningkatkan perekomomian masyarakat.

“Saya harap kegiatan budidaya jamur ini bisa dikembangkan di tempat lain dan para petani yang telah paham dalam membudidayakan jamur tiram ini dapat menularkan ilmunya kepada masyarakat lainya,” kata Peltu Ahmad Khoiri.

Sementara Anjar 25 tahun mengatakan, bahwa dalam berbudidaya jamur tidaklah terlalu sulit akan tetapi yang paling penting dan paling utama adalah harus mempunyai niat serta semangat yang tinggi terlebih dahulu. Sehingga dalam menjalankan budidaya jamur ini akan menjadi terasa ringan dan tidak terlalu berat dalam perawatannya.

“ Modal utama dalam membudidayakan jamur tiram ini adalah niat dan semangat yang tinggi, apabila keduanya hal tersebut telah dimiliki petani, maka hal lain akan terasa ringan”, jelasnya.

Usaha jamur ini digagas pemuda lanjang Anjar 25 tahun dan Isman 23 tahun, pemuda yangg tidak mau tinggal diam, ingin memajukan usaha dan desanya dengan komoditas jamur, pernah gagal namun tetap tidak mau menyerah, karena awalnya tidak memiliki pengetahuan tentang budidaya jamur jadi kurang maksimal hasilnya.

Agar tidak patah semangat disini kami dari satgas TMMD perlu memotivasi agar tidak menyerah menghadapi masa masa kesulitan/kegagalan, karena ada pepatah Kegagalan awal dari keberhasilan dan mereka berdua pun sependapat dengan kami. (Penrem 082/CPYJ ).
Loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar

 

media online www.tribunus.co.id

.