KEDIRI, TRIBUNUS.CO.ID -  Topeng Gajah Mada  yang diyakini dan dimiliki oleh seorang Jro Suranta dari Pulau Dewata Bali yang sudah dipasopati di tempat peribadatan Pura Dalem Calonarang Dusun Putuk Desa Banaran Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri Jawa Timur ,merupakan simbul dan waktunya  para pemimpin dan para tokoh nusantara untuk segera merapatkan barisan dan menyongsong kekuatan demi keutuhan kedaulatan NKRI. Rabu (25/4/2018).

Hal ini disampaikan oleh Jro Suranta yang juga memuliakan sosok leluhur Ibu Ratu Walu Nata Ing Girah (Calonarang) yang telah membangun sebuah tempat peribadatan yang sudah diperkirakan tempat bersinggahnya Calonarang yang kini ada di Desa Banaran. Selain itu Topeng Gajah Mada yang dibawa dari Bali merupakan petunjuk yang harus dilaksanakan Pasopati di Pura Dalem Calonarang Banaran Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri Jawa Timur dan juga merupakan bagian dari sejarah nusantara.

Upacara pasopati yang digelar bersama warga umat dan pemangku Pura Dalem Calonarang ini dilaksanakan dengan cara prosesi ritual pembersihan atau pensucian Ibu Pertiwi dan dilanjutkan ritual pensucian Topeng Gajah Mada, Topeng Gajah Mada yang dipasopati ini merupakan simbol tanda kekuatan alam semesta yang artinya ,sudah waktunya para pemimpin maupun tokoh bangsa segera merapatkan barisan untuk menjunjung tinggi ibu pertiwi dan kesatuan Kedaulatan NKRI yang berlandaskan UUD 45 Berbineka Tunggal Ika.

Prosesi penjemputan Topeng Gajah Mada dari Pulau Dewata Bali sendiri dilakukan dengan cara ritual, karena Topeng Gajah Mada tersebut sebelum berada ditangan Jro Suranta,  topeng tersebut sudah pernah berkeliling ke penjuru nusantara. yang artinya ketika topeng gajah mada yang saat ini telah menampakan perwujudannya ,akan lahir tokoh pemimpin yang nyawiji jadi satu untuk Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia ,seperti yang disampaikan Jro Suranta.

Prosesi Ritual Pasopati Topeng Gajah Mada tersebut juga disertakan ritual pensucian Mahkota ,Tongkat Komando dan sebuah Keris yang dibungkus dengan kain merah agar menjadi kekuatan yang luar biasa .Usai ritual Pasopati Pensucian Topeng Gajah Mada dilanjutkan dengan prosesi ritual sembahyang kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Dalam pasopati pensucian Topeng Gajah Mada tersebut akan dilakukan di dua tempat, yang pertama di Pura Dalem Calonarang Ds Banaran Kabupaten Kediri dan kedua dilakukan prosesi ritual mensungkemkan Topeng Gajah Mada di Pendopo Trowulan Mojokerto.

Pura Dalem Calonarang yang ada di Dusun Putuk Desa Banaran Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri tersebut diyakini dan diperkirakan tempat suci milik Ratu Walu Nata Ing Girrah atau Calonarang yang kini sudah diistanakan ,karena tempat tersebut memiliki suatu anugerah yang luar biasa bagi umat seluruh nusantara, selain itu terdapat dua sumber mata air yang bisa berubah warna atau disebut sumber Pancawarna ,karena selama Pura Dalem Calonarang didirikan sudah banyak yang dirasakan mukjizat maupun manfaatnya.

Pura Dalem Calonarang juga menerima tamu dari berbagai umat maupun golongan tanpa membedakan status.
Kantor Sekretariat Pura Dalem Calonarang Jln Cempoko Rejo Rt 1 Rw 4 Dusun Putuk Desa Banaran Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri Jawa Timur, telpn 085784662009 - 081233889964 - 087701059789. (har)
Loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar

 

media online www.tribunus.co.id

.