loading...
foto: adhyberitapolisi

JAKARTA, TRIBUNUS.CO.ID -  Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) menggantikan Laksamana Ade Supandi yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2018.

Laksdya Siwi dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 43/TNI/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAL di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5/2018) itu diawali dengan pengucapan sumpah jabatan oleh Laksdya Siwi yang dibimbing langsung Kepala Negara.

Laksamana Madya Siwi berjanji akan menjalankan tugasnya dengan menjunjung tinggi sumpah prajurit TNI. “Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini baik langsung maupun tidak langsung dengan rupa atau dalih apa pun juga tidak memberi atau menyanggupi akan memberi sesuatu kepada siapa pun juga,” ucap Laksdya Siwi.

Bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja, dari siapa pun juga, yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya.

Pelantikan ini juga sekaligus menaikkan pangkat Siwi menjadi Laksamana. Dia pun resmi menjadi prajurit bintang empat dan menjabat orang nomor satu di matra laut.

Adapun acara pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

Hadir juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi Budi Gunawan, Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

Sebelum dilantik jadi KSAL, Laksamana Siwi menjabat sebagai Asisten Perencanaan Umum Panglima TNI. Siwi juga pernah menjadi Panglima Koarmabar menggantikan Laksda TNI Achmad Taufiqoerrochman dan Kepala Departemen Operasi KRI Untung Suropati-372.

Selain itu, Alumni Akademi Angkatan Laut angkatan 30 lulus yang pada tahun 1985 ini pernah menduduki posisi Palaksa KRI Teluk Sampit-515, Komandan KRI PRB-728, Komandan KRI STS-376, dan Komandan KRI Nala. Dia juga sempat menjabat sebagai Komandan KDA, Komandan Lanal Pontianak, Komandan Selapa Pusdikopsla, Komandan Satran Koarmatim, Asrena Pangkolinlamil, Asops Pangarmabar, dan Komandan Guskamlatim.(Adhy/Fachri/beritapolisi)
loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar