loading...

PASURUAN, TRIBUNUS.CO.ID - Sunarti (40) warga desa Ampel Sari kecamatan Pasrepan yang mengalami luka bakar pada bagian belakang sekitar pinggul, akhirnya dievakuasi oleh tim medis dari Puskesmas Pasrepan. Upaya tersebut atas kesigapan pihak perangkat desa yang berkordinasi dengan Camat Pasrepan.

Heru Farianto camat Pasrepan yang kala rombongan wartawan Pasuruan mengunjungi kediaman korban, menjelaskan bahwa dirinya dengan perangkat desa setempat termasuk Kepala Desa sudah melakukan upaya untuk membawa Sunarti ke Rumah Sakit untuk dilakukan pertolongan terhadap luka akibat kebakaran yang di derita korban.,

"Namun, ya itu tadi mas, pihak keluarga ini (Sunarti dan keluarga, red) berkeberatan bila Sunarti dirawat di Rumah Sakit, padahal sudah saya  jelaskan bahwa semua biaya sudah ditanggung dengan KIS," terang Camat Heru kepada wartawan di rumah korban desa Ampel sari didampingi Kepala Desa Ampel sari dan perangkat desa setempat.

"Bahkan tadi pagi kami mendatangkan Ambulan Puskesmas Pasrepan untuk membawa Sunarti ke Puskesmas, namun lagi-lagi pihak keluarga berkeberatan bila Sunarti di rawat di Rumah Sakit, akhirnya ambulan Puskesmas kita sarankan kembali,' urai Camat

Tim wartawan kemudian kemudian melakukan mediasi dengan pihak keluarga Sunarti, membujuk rayu agar Sunarti bisa dirawat di Rumah Sakit. Sama seperti penjelasan oleh Camat, Kadir dan saudara laki-laki Sunarti tetap tidak mau bila Sunarti dirawat di  Rumah Sakit.

Ketika ditanya kenapa dan apa alasan sampeyan, kok keberatan bila Sunarti dirawat lebih intensif di Rumah Sakit, Kadir menjelaskan bahwa mereka adalah orang desa yang miskin dan tak punya uang untuk biaya rumah sakit yang biasanya sangat besar. Sebagai orang desa dengan ekonomi yang pas-pasan, Kadir keberatan Sunarti di bawa ke Rumah Sakit.

Tim wartawan Pasuruan melalui kordinatornya Nugroho Tatag terus membujuk agar keluarga berkenan membawa Sunarti ke Rumah Sakit, dijelaskan Tatag bahwa pihak pemerintah daerah dalam hal ini  Kecamatan, Desa serta ketua Dewan telah merespon derita Sunarti. Masalah biaya nanti akan ditanggung dengan KIS, sedangkan untuk biaya transportasi keluarga selama Sunarti dalam perawatan akan dibantu oleh Dinas Sosial kabupaten Pasuruan.


Upaya tim wartawan membuahkan hasil, pihak keluarga Sunarti akhirnya bersedia membawa Sunarti ke Rumah Sakit untuk dilakukan perawatan secara medis akan luka bakar yang diderita Sunarti. Dan, dalam kesempatan tersebut, datang bantuan dari Lulis Iryad Yusuf istri Mantan Bupati memberikan bantuan kepada keluarga sebesar 1 juta rupiah untuk sekedar biaya tranportasi. Uang bantuan diserahkan oleh istri Camat Pasrepan kepada keluarga Sunarti  /joko.w/zen




loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar

 

media online tribunus

.