-->

Tanam Padi di Lahan Demlot Ketahanan Pangan Kodim 0811 Tuban


TUBAN, TRIBUNUS.CO.,ID  -   Penanaman padi di lahan Demplot (Demonstrasi Plot) Ketahanan Pangan Kodim 0811/Tuban, dilaksanakan di Dusun Ploso Kerep Desa Sumber Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Senin (14/05/2018).

Hadir dalam kegiatan ini Letkol Inf Nur Wicahyanto, SE, (Dandim 0811/Tuban) didampingi oleh Kapten Arh Sudiono (Pasiter Kodim 0811/Tuban) dan Kapten Cpl Heriyanto (Danramil0811/04 Merakurak), Murtadji, SPi, MM(Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tuban) didampingi Darmadin (Kabid Tanaman Pangan),AKP Simon Triyono (Kapolsek Merakurak), Arifin, SP (Kepala UPTD Pertanian Kec. Merakurak), Suntoro ( Kepala Desa Sumber), para Babinsa dan PPL sekecamatan Merakurak.

Lahan Demplot Ketahanan Pangan Kodim 0811 yang ditanami padi adalah milik Didik Hantono Dusun Ploso Kerep Desa Sumber Kecamatan Merakurak, dengan luas lahan 1 hektar. Padi yang ditanam adalah jenis Ciherang dengan pola tanam jajar legowo.

Pada kesempatan itu, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Nur Wicahyanto, SE menjelaskan, penanaman padi di lahan Demplot ini untuk pelatihan pertanian bagi para Babinsa dalam rangka pembinaan ketahanan pangan TA.2018, dengan harapan nantinya dapat menerapkannya untuk membantu para petani yang ada di desa binaannya dengan bekerja bersama-sama dengan petani dan anggota kelompok tani dalam menanam padi.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu program pemerintah untuk meningkatkan pencapaian hak atas pangan, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), meningkatkan ketahanan pangan Nasional dan lokal, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan perekonomian agar tersedia logistik wilayah sesuai dengan kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara,” terang Dandim.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, Murtadji, SPi, MM berharap,kegiatan penanaman padi di lahan Demplot (Demonstrasi Plot) Ketahanan Pangan Kodim 0811/Tubanini berhasil dan dapat menjadi contoh bagi para petani dalam meningkatkan produktiftas padi.

“Semoga kegiatan di lahan Demplot milik Kodim 0811 Tuban ini berhasil dan dapat menjadi contoh bagi petani di kecamatan Merakurak khususnya dan Kabupaten Tuban umumnya,” harap Murtadji.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama