-->

Larung Sesaji Petik Laut Dusun Kisik Desa Kalirejo Berlangsung Meriah


PASURUAN, TRIBUNUS.CO.ID -  Jumat 22 Juni 2018 pagi suasana semarak pesta 'Petik Laut' yang digelar di desa Kalirejo Dusun Kisik Pasuruan, sepanjang jalan Utam dusun Kisik dipadati oleh warga dusun yang menggelar pesta Kisik Laut.

Mereka berbondong-bondong  untuk ikut serta dalam proses  pelaksanaan tradisi petik laut, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kebanyakan  dari mereka ikut serta  naik ke kapal karna ingi melihat proses larung sesaji kepala sapi dan 17 tumpeng yang akan dihanyutkan ke tengah laut.

“Acara petik laut ini dilakuakn selama dua hari dua malam yang disusun dengan beberapa acara hiburan, diantaranya al-banjari , drumband santunan anak yatim dan puncak acaranya Jumat pagi  tanggal 21 Juni yang dihadiri langsung  oleh bapak Calon Bupati Gus Irsyad Yusuf,” ujar Timbul ketua  panitya penyelenggara acara Petik laut kepada tribunus.co.id. Tak lupa juga orkes dangdut  dan Pesta Kembang api pun turut memeriahkan Pesta Petik Laut dusun Kisik desa Kalirejo

Kehadiran Calon Bupati Gus Irsyad Yusuf didampingi oleh Haji Syahril tokoh masyarakat dusun Kisik Desa Kalirejo menambah semaraknya acara Petik Laut Laut. Rombongan diterima dan disambut dengan kesenian Albanjari serta lantunan Solawat nabi menuju panggung Petik laut.

Dalam sambutannya, Irsyad Yusuf mengaku bahagia dengan digelarnya Petik Laut. Petik laut adalah ungkapan rasa syukur warga masyarakat kepada Alloh SWT atas berkah dan rejeki yang telah diberikan olehNya kepada para nelayan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Diharapkan Gus Irsyad, Semoga warga nelayan di pesisir Utara khususnya desa Kalirejo dilimpahkan rejeki serta keselamatan dalam melaut mencari ikan.


Setelah ituacara  dilanjutkan dengan pawai dan mengarak tumpeng sesaji, kepala Sapi yang dikarak oleh warga masyarakat menuju tepian laut (pantai). Ada sekitar 100 kapal yang mengiringi pelarungan sesaji tersebut untuk dibawa  ketengah laut, yang selanjutanya kepala sapi tersebut dihanyutkan langsung oleh Gus Irsyad Calon Bupati Pasuruan.  (mail)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama