TK PKK VI Sedaeng terletak di Desa Sedaeng, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Mahasiswa KKN Negeri Malang dimintai bantuan oleh Kepala Sekolah TK tersebut dalam menyusun serangkaian acara pagelaran yang setiap tahun rutin dilaksanakan. Sehingga dengan bantuan dari mahasiswa ini, diharapkan acara dapat terlaksana lebih meriah dan tersusun dengan rapi dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Melalui acara tersebut, mahasiswa memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak TK. Sebagai wujud dari aktifitas lisan dalam berkomunikasi, keterampilan berbicara sangat diperlukan. Tentunya keterampilan berbicara harus ditumbuhkan dan dikembangkan pada anak sejak usia dini.

Hal ini dikarenakan untuk semakin optimalnya kemampuan berbicara anak dapat dikembangkan. Peran orangtua dan guru sangat penting dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada anak. Selain mereka, mahasiswa sebagai agent of change juga memiliki peran yang sama. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang turut ambil alih dalam pagelaran akhir tahun yang diadakan oleh TK PKK VI Sedaeng.

Pengembangan keterampilan berbicara dilakukan melalui kegiatan berupa pembacaan puisi, paduan suara, dan penyampaian pesan dan kesan dari murid kelompok B TK PKK VI Sedaeng yang merupakan serangkaian kegiatan dalam pagelaran. Pagelaran yang bertemakan ”Tanah Air” ini selain untuk mengembangkan keterampilan berbicara agar anak dapat mengekspresikan diri di depan umum,

Juga secara tidak langsung dapat menumbuhkan rasa nasionalisme mereka sejak dini. Sedangkan melalui penyampaian pesan dan kesan, mereka dapat mengemukakan pendapat mereka dan  menunjukkan rasa terimakasih atas perjuangan guru mereka yang telah mendidik selama 2 tahun di TK PKK VI Sedaeng.

Dengan anak yang telah berani tampil dan mengekspresikan diri di depan umum maka keterampilan anak dalam berbicara dapat meningkat dan berkembang secara optimal. Didunia ini banyak orang sukses disebabkan oleh kemampuan berbicaranya. Dengan demikian, banyak jalan yang bisa dilalui anak agar dapat meraih kesuksesan bagi diri mereka melalui kemampuan berbicara yang mereka miliki.  (jw/itt)

Loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar

 

media online www.tribunus.co.id

.