KEDIRI, TRIBUNUS.CO.ID - UPTD Dinas Kesehatan Puskesmas Badas, Sabtu pagi (7/7/2018) menggelar rangakaian acara pencanangan Gerakan Serentak (Gertak)  dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)  yang berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Jawa Timur. di pagi yang cerah tersebut kegiatan ini diikuti oleh seluruh kader kesehatan desa se Kecamatan Badas.

Hadir dalam acara tersebut, Ka UPTD Puskesmas Badas Dr Heny dan staf Puskesmas Badas, Kasi Promkes Pemberdayaan Masyarakat bidang kesehatan dan Keluarga Dinkes Kabupaten Kediri, Ahsin Usman S. Sos. MM, Camat Badas Sumarlan M. Si, Ketua PKK Badas Patwa Delsia , Pengurus PKK desa se Kecamatan Badas, Kepala desa se Kecamatan Badas, Kader SBH dan Staf PKM Badas,


Acara ini diselenggarakan dalam rangka untuk reflesing anggota kader sekaligus mencanangkan gertak - germas (gerakan serentak masyarakat hidup sehat) se Kecamatan Badas, dan dikuti semua kader kesehatan desa se Kecamatan Badas baik posyandu balita, lansia, pos bindu, desa siaga bahkan dari unsur saka bhakti usada yaitu pramukanya kesehatan, dan lintas sektor kecamatan badas.

Antusiasnya semua, yang mana acara hanya awalnya sebatas pertemuan saja kemudian bisa menjadi ajang lomba ,salah satunya pembuktian para kader yang menampilkan yel yelnya, dan juga ditambah dengan adanya lomba ikon germas dengan kader memakai kostum hiasan sayur dan buah, dan kemudian ada lomba tumpeng merebutkan tropi dan hadiah dari Kepala Puskesmas  yang sudah disiapkan termasuk doupresnya ada sejumlah 40.


Kepala UPTD Puskesmas Badas Dr Heny melalui Promosion Kesehatan Fauzi, bahwa acara ini rutin dilakasanakan setiap setahun sekali, dalam konteks merefles kader kader kesehatan yang sudah melakukan aktivitas kegiatan selama setahun ,plus mempersiapkan kegiatan kegiatan Puskesmas berikutnya. Dan tadi ini kami dkk menyiapkan Ori Difteri yaitu untuk imunisasi difteri masal, sekaligus mengingatkan dengan konteks germas yang tahun 2018
adalah fokus nomor satu cakupan imunisasi sesuai target ori difteri masuk dalam cakupan imunisasi, yang kedua pemberantasan TBC, ketiga pencegahan dan penanganan stanting ,dan kabupaten kediri juga teramasuk, dan ini menjadi tiga prioritas utama yang dilakukan pada tahun 2018 ini oleh kami"tutur fauzi.

Sementara pada tahun 2017 kami fokus pada gerakan masyarakat hidup sehat dan itu ada 7  yaitu makan buah dan sayur,melakukan aktivitas fisik, tidak merokok, tidak minum minuman berakhohol, memakai jamban keluarga, kesehatan lingkungan dan melakukan kesehatan secara rutin,dan tahun 2018 ini fokusnya ditambah tiga yaitu, pencegahan stanting, pemberantasan TBC dan cakupan imunisasi secara masal, dan alhamdulilah acara tadi berjalan dengan lancar dan seru dengan konsep belajar dan senang senang"Pungkasnya(latif/har)
Loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar

 

media online www.tribunus.co.id

.
Hasil gambar untuk banner gif 120 x 600
Hasil gambar untuk banner gif 120 x 800