-->

Kontainer Bantuan GG Sampai Di Pusat Gempa Lombok




KEDIRI, TRIBUNUS.CO.ID - Aksi solidaritas "Gudang Garam Peduli Lombok "terus bergerak ke sejumlah daerah di wilayah Nusa Tenggara Barat yang terkena musibah gempa. Setelah menyelesaikan proses instalasi enam kontainer yang disulap menjadi ruang bedah dan operasi medis di Rumah Sakit Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat di Kota Mataram ,tim melanjutkan kiriman Kontainer ke Kabupaten Lombok Utara.

Sebanyak 13 Kontainer kami rakit untuk segala kebutuhan di Kabupaten Lombok Utara, baik untuk keperluan medis, perkantoran, maupun hunian" kata Iwhan Tri Cahyono Kepala Bidang Humas PT. Gudang Garam Tbk dihalaman Kantor Bupati Lombok Utara, Minggu (12/8/2018) petang.

Untuk kebutuhan medis, sebanyak tiga kontainer diterima oleh Letkol dr Shohibul Hilmi, Sp. OT, Komandan Batalyon Kesehatan 2/2 Kostrad Malang. Sejak gempa terjadi di Lombok, tim yang dipimpin Letkol Hilmi bekerja di Tanjung tepatnya dihalaman Kantor Bupati Lombok Utara penanganan operasi dan perawatan pasien korban gempa dilakukan ditenda tenda yang didirikan menjadi rumah sakit lapangan.


Dengan adanya bantuan kontainer dari PT. Gudang Garam ,kami sangat terbantu untuk menangani pasien khususnya dalam melakukan operasi pembedahan, ini pertama kalinya kami mendapat bantuan dalam kontainer yang bisa digunakan sebagai ruang operasi "kata Letkol Hilmi.

Dia berharap, instansi pemerintah memiliki kontainer seperti bantuan PT. Gudang Garam, selain fleksibel diberbagai medan ,juga efektif untuk menggantikan gedung rumah sakit yang rusak akibat bencana, dibanding rumah sakit tenda yang dimiliki TNI selama ini, kontainer lebih steril dana ,aman untuk menangani pasien.
Rencananya semua kontainer akan kami dirikan dibekas terminal, agar tidak mengganggu proses pembedahan RS Tanjung yang rusak parah akibat gempa" kata Letkol Hilmi.

Selain tiga kontainer medis, empat kontainer didirikan didepan Kantor Bappeda Lombok Utara, masing masing akan digunakan untuk rumah Dinas Bupati Lombok Utara, kantor sementara, dapur dan toilet, semua dilengkapi dengan AC, listrik, penerangan, air, dan kelengkapan tidur. Sementara enam kontainer lainnya dirakit di Kecamatan Gangga Lombok Utara, keenam kontainer itu akan dipergunakan untuk ruang tidur para relawan, perkantoran, para jompo dan bayi serta pusat trauma healng.


Selama kami terlibat dalam penanganan bantuan kegempaan, bantuan dalam wujud kontainer multiguna baru pertama kali saya jumpai, ini terobosan yang sangat bermanfaat buat para korban "kata Dwi Ari Suyanto dari tim gabungan relawan Jawa Timur yang bermarkas di Gangga Lombok Utara.

Seluruh kontainer yang dikirim ke seluruh kawasan gempa Lombok, ditargetkan senin (13/8/2018) sudah siap dipergunakan di Lombok Utara, sedangkan yang di Rumah Sakit Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat di Mataram ,sejak minggu (12/8/2018) sudah dipergunakan sebagai ruang operasi dan penanganan medis lainnya.
Kami terus memantau seluruh kontainer agar benar benar siap digunakan lengkap dengan segala fasilitasnya. (har)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama