Anggota Koramil 0808/19 Wates Kodim 0808/Blitar Ikut ramaiakan Larung Sesaji


Blitar - Anggota Koramil 0808/19 Wates Kodim 0808/Blitar ikut ramaikan kegiatan "Petik Laut ritual Larung Sesaji" di pantai Jolosutro Desa Ringinrejo Kecamatan Wates Kabupaten Blitar Jawa Timur, Jum'at (28/09/2018).

Kegiatan Larung Sesaji merupakan perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas melimpahnya rezeki yang diberikan terutama dalam bentuk hasil bumi.

Kegiatan Larung Sesaji juga biasanya dilakukan oleh masyarakat yang berada di daerah pesisir pantai.

Kepala Desa Ringinrejo Bpk. Bintoro dalan sambutanya mengatakan "Acara Tradisi petik laut ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa berkat karunia limpahan rezeki yang telah diberikan kepada kita khususnya masyarakat kawasan Nelayan Jolosutro.

Selain itu acara ini juga untuk mendorong rasa kebersamaan antar individu satu dengan yang lain demi terciptanya kondisi yang lebih sejahtera kedepannya.

serta mengenalkan pesan kepada masyarakat luas bahwasanya bumi harus senantiasa dirawat agar nantinya akan menghasilkan timbal balik yang baik pula khususnya kepada masyarakat nelayan pinggir pesisir. Ujarnya.

Lanjut sambutan Camat Wates Ir. Setiyana, MM "Petik laut adalah sebuah tradisi dimana untuk meningkatkan semangat serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui perikanan dan pariwisata.

Mudah-mudahan acara Petik Laut ini dapat menggugah semangat kita untuk mengurangi kemiskinan dan juga meningkatkan tali silahturahim bagi kita semuanya,"Tandasnya.

Sementara itu Pelda Sarnoto Batituud Koramil 0808/19 Wates saat mewakili Danramil juga menyampaikan "kegiatan ini merupakan salah satu Kebudayaan tradisi atau adat masyarakat Indonesia.

Berbagai ragam kebudayaan di Indonesia salah satunya upacara tradisional sedekah laut atau Larung Sesaji, karena upacara tradisional sedekah laut biasanya berkaitan dengan kepercayaan.

Upacara tradisional tersebut merupakan upaya manusia untuk mencari keselamatan, ketentraman dan sekaligus menjaga kelestarian Alam "Pungkasnya.

Tepat Pukul 09.00 Wib Larung Sesaji dibawa dengan beriringan diikuti Muspika Kec. Wates dan para Tamu Undangan dari Balai Pertemuan Nelayan Jolosutro menuju Bibir Pantai ± 350 M dengan berjalan Kaki untuk pelaksanaan inti Ritual Larung Sesaji Petik Laut di lepas di pinggir Laut, (Red).
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.