Babinsa Koramil 0819/07 Lekok Hadiri Pelaksanaan Sekolah Lapang Iklim Kelompok Tani Cahaya

PASURUAN - Hari Kamis (20/09) Babinsa Serda Ahmad Hadiyus anggota Koramil 0819/07 Lekok mengikuti pelaksanaan sekolah lapang iklim kelompok tani cahaya Dusun Tampung tengah Desa Tampung Kecamatan Lekok  Kabupaten Pasuruan.


Kegiatan tersebut dipimpin oleh ketua mantri pertanian  dan dihadiri seluruh PPL kec.Lekok dan petani Dsn. Tampung tengah dengan jumlah 50 orang .

Pelaksanaan sekolah lapang iklim ini merupakan kegiatan di lapangan selama 12 kali pertemuan, yang akan disampaikan dengan berbagai tema. Tema yang terkait yaitu mulai dari pengenalan cuaca dan iklim, pengaruh faktor cuaca dan iklim terhadap perkembangan OPT dan Tanaman, sampai dengan pembahasan sekolah lapang iklim dan teknis pembelajaran di lapangan.

Materi disampaikan kepada para peserta dengan sistematis mulai bagian pendahuluan yang terkait dengan cuaca dan iklim. Kemudian dirangkai dengan pengaruh-pengaruh perubahan cuaca dan iklim terhadap perkembangan OPT. Para peserta SLI sangat antusias menerima materi yang dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi.

Diskusi aktif yang berlangsung mengerucut terhadap masalah pengaruh perubahan cuaca, dan iklim terhadap keberlangsungan usahatani padi. Bagaimana cara menyikapi kejadian musim hujan yang berlebihan air atau sebaliknya musim kemarau yang kekurangan air, terkait juga dengan pengaruhnya terhadap kemunculan penyakit tanaman dan serangan hama menjadi pokok pertanyaan dari para peserta.

Pembahasan dilakukan secara komprehensif agar dapat dipahami dengan baik.  Diharapkan setelah mengikuti Sekolah lapang iklim ini petani peserta dapat melaksanakan usahatani padi dengan baik, memperoleh keberhasilan yang berkelanjutan. (Fery)

Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.