Babinsa Ngembal Hadiri Selamatan Desa

Pasuruan, TRIBUNUS.CO.ID  Pada hari Sabtu tanggal 22 September 2018 pukul  08.30 WIB Anggota Koramil 0819/24 Nongkojajar Serda Bagong  beserta 2 (dua)  orang anggota Koramil 0819/24  melaksanakan pengamanan acara Selamatan Desa Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan di Balai Desa Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan.


Kegiatan tersebut  diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018 yang diikuti oleh  +- 500 orang Warga Desa  Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan.

Selain itu selematan  Desa merupakan tradsi turun temurun dari zaman leluhurnya yang di adakan setiap setahun sekali. Adapun kegiatan selamatan Desa yang di lakukan oleh seluruh masyarakat dengan mengadakan selamatan syukuran di tempat-tempat yang di anggap keramat oleh masyarakat setempat yang konon menurut cerita dari nenek moyang tempat tersebut adalah tempat Pejuang yang telah babat (buka) Desa Tersebut. Maka dengan keyakinan masyarakat tempat tersebut di Sakralkan atau di Peringati setiap 1 Tahun Sekali agar masyarakat selalau ingat akan sejarah/silsilah terjadinya desa tersebut.

Misalnya dengan menggelar selamtan di Punden desa tersebut. Masyarakat sangat antusias dan penuh semangat menggelar tradsi Bersih Desa terebut, baik itu golongan tua atau muda semua ikut melaksanakan tradisi bersih desa tersebut.


Pewarta : Alamin.


Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.