Lintas Sektor Kecamatan Gempol Gelar Pertemuan Sosialisasi STBM Kesehatan Jambanisasi





PASURUAN, TRIBUNUS.CO.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan melalui UPTD Puskesmas Gempol pada hari Kamis (20/9/2018) bertempat di Balai Desa Carat Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan menggelar Rapat Pleno terbuka.

Kegiatan Rapat Pleno terbuka tersebut adalah dalam rangka menindak lanjuti Program Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) terkait jambanisasi sehat.

Hadir dalam acara tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Kepala UPTD Puskesmas Gempol Dr Muktar bersama staf, Camat Gempol M. Ridwan, Kepala Desa Carat Edi Santoso bersama perangkat, Babinsa Gempol Serda M Taufik, Bhabinkamtibmas, Toga Tomas dan Masyarakat Desa Carat.

Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan kerjasama Dinas Kesehatan terkait bersama Pemerintah Desa dan tiga Pilar Kecamatan Gempol, dan ini dilakukan untuk menciptakan sanitasi masyarakat yang sehat, dan merupakan upaya mempercepat akses terhadap sanitasi yang layak, dengan pendekatan untuk merubah perilaku.


Dalam menciptakan kondisi masyarakat yang sehat,hal yang harus dilakukan diantaranya adalah mempunyai akses dan menggunakan jamban sehat, mencuci tangan menggunakan sabun dengan benar saat sebelum makan, setelah BAB, sebelum memegang bayi, setelah menceboki anak dan sebelum menyiapkan makanan dan minuman" Tutur Serda M Taufik Babinsa Carat kepada tribunus.co.id saat mengikuti acara rapat pleno tersebut.

Lebih lanjut Serda M Taufik memberitahukan " Bahwa STBM merupakan upaya pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan secara total, karena prinsip prinsip STBM adalah tidak ada subsidi/stimulan kepada masyarakat, berusaha menggugah masyarakat dengan memberikan inisiatif inisiatif sehat, dimana petugas kesehatan disini hanya bertindak sebagai fasilitator.(galeh)
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.