-->

Manfaat Semangka Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Semangka merupakan salah satu sumber potasium yang baik. Potasium merupakan komponen sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah, sehingga dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Likopen dan kalium dalam semangka ju

ga penting untuk menjaga kesehatan jantung. Sedangkan vitamin A dan C membantu mencegah oksidasi kolesterol yang menyumbat pembuluh darah. Ditambah lagi, semangka dikenal kaya akan kandungan asam amino sitrulin. Ginjal akan mengubah sitrulin menjadi arginin yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan mencegah akumulasi lemak dalam sel.

@Mencegah otot kaku

Salah satu penelitian tahun 2013 menunjukkan bahwa meminum jus semangka sebelum melakukan olahraga berat dapat mengurangi otot kaku yang timbul keesokan harinya. Ini disebabkan karena sitrulin yang diubah menjadi arginin oleh ginjal dapat melancarkan peredaran darah.

@ Menjaga kesehatan ginjal

Semangka bersifat diuretik karena kandungan sitrulinnya yang dapat meningkatkan jumlah urin yang keluar dari tubuh. Kalium dalam semangka juga mampu meluruhkan racun agar ikut keluar bersama urin sehingga membantu mempromosikan kesehatan ginjal agar lebih sehat.

@Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin A dan vitamin C pada semangka memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Vitamin A membantu merawat membran mukosa agar kuman tidak mudah masuk dalam tubuh. Sedangkan vitamin C dibutuhkan untuk menjaga produksi protein pembunuh virus dan kuman.

@ Menjaga kesehatan tulang

Selain penting bagi jantung, peneliti meyakini bahwa likopen juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Semangka pun mengandung kalium yang dapat mempertahankan kalsium dalam tulang.

@ Anti peradangan

Likopen juga berfungsi sebagai zat anti inflamasi bersama dengan beta karoten dan cucurbitacin E. Senyawa ini mampu menghambat aktivitas enzim siklo-oksigenase dan menetralkan reaksi molekul yang mengandung nitrogen.

Oleh karena itu, semangka baik dikonsumsi untuk mencegah peradangan. Sitrulin dalam semangka juga diketahui dapat mempertahankan asam lambung agar tetap normal.

@ Obat kuat untuk pria

Dr. Samuel Oetoro SpGK mengungkap bahwa kandungan sitrulin dalam semangka memiliki efek sama seperti viagra. Hasil serupa didapatkan oleh penelitian yang dilakukan di Universitas Texas A&M, Amerika Serikat.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembuluh darah yang lebih lancar akibat sitrulin dapat meningkatkan kemampuan ereksi pada pria. Sitrulin pada semangka juga terdapat pada daging buah, namun lebih tinggi pada bagian putih atau kulitnya.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama