Kades Muadin Galakkan Program Lingkungan Bersih Desa Tebas




PASURUAN, TRIBUNUS.CO.ID  – Pemerintah Desa (Pemdes) Tebas Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan seakan tak kehabisan akal untuk menjadikan desanya terbebas dari sampah. Salah satunya dengan menggalakkan kegiatan bersih-bersih desa secara rutin. Langkah itu dinilai paling jitu untuk menggugah kesadaran masyarakat.

Kepala Desa Muadin memberikan sosialisasi kegiatan program bersih Desa kepada Masyarakat,Ketua RT,Ketua RW,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat.Rabu (17/10/2018) Pagi.

Tujuan dari program Desa bersih adalah memberikan pembinaan lingkungan Desa yang bersih melalui semangat kegotongroyongan.

"Kami ingin kegotong royongan ini tetap tumbuh sebagai bagian dari adat istiadat desa . kami ingin menumbuhkan itu dari lingkungan RT hingga tingkat desa,” kata Kepala Desa Tebas, Muadin kepada wartawan.

"Jika lingkungan sehat, bersih dan asri tentunya akan membuat orang betah berada di desanya sendiri. Mampu berkarya untuk kemajuan desa dan enggan merantau ke luar kota atau luar negeri,” tukasnya.

Kepala Desa Tebas Muadin menambahkan, kebersihan lingkungan hendaknya dimulai dari lingkungan rumah. Sehingga, secara perlahan nantinya lingkungan yang berada di Desa Tebas juga akan bersih.

”Kebersihan ini memang penting, makanya sekitar rumah harus dikontrol mengenai kebersihannya. Kalau misalkan rumput di pekarangan rumah sudah tumbuh lebat, ya hendaknya dipotong. Begitupun dengan tanaman pelindung juga hendaknya ditanam di sekitar rumah, kalau memang lahannya ada,” katanya lagi.

Muadin juga menambahkan, secara berkala, warga diajak bergotong royong untuk membersihkan lingkungan desa. Hal ini, agar warga dapat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

Dijelaskannya, melalui sosialisasi ini dicapai kesepakatan bahwa masyarakat akan secara rutin melaksanakan gerakan gotong royong membersihkan lingkungan, menanam pohon untuk penghijauan dan pengolahan sampah.


Dengan begitu, warga bisa nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karena, dengan adanya lingkungan yang bersih dan rapi, dapat menciptakan suasana yang sehat dan nyaman. (A/Muk/Gung)
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.