Pagelaran Budaya Di Kediri Semarakkan Kirab Satu Negeri Ansor



KEDIRI, TRIBUNUS.CO.ID - Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kediri akan menyemarakan Kirab Satu Negeri Ansor dengan pentas budaya di halaman Gedung Pengurus Cabang Nahdlotul Ulama  (PCNU) Kabupaten Kediri di jalan Imam Bonjol 38 Kota Kediri.

Kegiatan yang menyuguhkan seni tradisional dan modren mulai pementasan musik kontenporer gamelan sholawat Kiai Bagus, seni cambuk tiban hingga atraksi banser dikemas dalam Pagelaran Panggung Sarasehan Kirab satu Negeri, Sabtu malam (13/10/18) nanti.

Ketua GP Ansor Kabupaten Kediri, Munasir Huda menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyemarakan sekaligus menyambut rombongan Kirab Satu Negeri Ansor dari pengurus pusat. Dan dirinya berharap kegiatan kirab satu negeri ini nanti mampu memberi pencerahan bahwan ansor mengantisipasi dan waspada akan ancaman dari sekelompok kecil orang yang ingin mengubah konsensus kebangsaan Indonesia yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

“Selain itu ada kelompok kecil yang menggunakan agama sebagai alat politik atau mempolitisasi agama, dan menggunakan agama sebagai sumber konflik, ada pihak-pihak yang menggunakan pemahaman agama mereka sebagai kebenaran tunggal, suka menyesatkan dan mengkafirkan pihak lain,” kata Munasir Huda Kepada Harian Nasional News, Sabtu (13/10/180.

Gus Huda panggilan akrab Munasir Huda, menambahkan kalau masyarakat yang sebenarnya toleran dan jumlahnya mayoritas, menjadi kalangan diam sehingga suara kecil yang intoleran yang mengemuka di pemberitaan. Begitu juga keprihatinan kondisi negara lain, khususnya dunia Islam yang dilanda konflik dan peperangan yang tidak berkesudahan.


Terkait dengan konsep Pagelaran budaya yang disuguhkan GP Ansor Kabupaten Kediri, Munasir berharap kegiatan pagelaran budaya ini mampu memberikan suguhan yang berbeda sekaligus menunjukan keberagaman yang dimiliki negeri ini. Musik Kontenporer Gamelan Kiai bagus cukup mewakili berbagai kebudayaan negeri dari sabang sampai meraoke dan arransemen lagu-lagu barat yang digarap dengan gamelan tradisional asli milik Indonesia.

Dijadwalkan GP Ansor Kabupaten Kediri menyambut kedatangan rombongan Kirab Satu Negeri Ansor di area simpang lima Gumul bersama Bupati Kediri Harianti sutrisno beserta Kapolres Kediri  AKBP Roni Faisal Saiful Faton, Sabtu (13/10/10) nanti. Penyambutan rombongan akan di mulai dari perbatasan Kediri-Nganjuk kemudian rombongan dikawal pasukan patwal polres Kediri Kota berkeliling masuk wilayah kota kediri dan berhenti di Simpang Lima gumul yang langsung dilanjutkan Apel Bersama dan dilanjutkan rombongan menuju Halaman PCNU Kabupaten Kediri untuk kegiatan Pagelaran Budaya Kirab Satu Negeri.


Reporter : Aminudin
Editor      : Hariono
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.