Puluhan Komunitas Dan Pemdes, Percepat Pembangunan Akses Jalan Menuju Ke Situs Calonarang




KEDIRI, TRIBUNUS.CO.ID - Pemerintah Desa Sukorejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri bersama warganya,serta puluhan komunitas peduli sejarah dan budaya Kabupaten Kediri  ,pada minggu pagi (7/10/2018) melaksanakan giat bakti sosial pelebaran akses jalan menuju situs Calonarang yang terletak di tengah persawahan.

Giat baksos ini merupakan giat baksos lanjutan setelah beberapa bulan lalu Pemdes Sukorejo bersama warga dan tim Damar Panuluh Nusantara melaksanakan giat pelebaran bagian utara pintu masuk Situs Calonarang dari pertigaan Dusun Butuh Desa Sukorejo.

Kurang lebih sepanjang 600 km akses jalan tersebut setelah jadi kedepan nanti, akan mampu mendongkrak menarik kunjungan wisatawan dari luar daerah bahkan manca negara.

Pelebaran akses jalan menuju Situs Calonarang dengan lebar berkisar 6 meter kedepan ,juga diharapkan kendaraan roda empat bahkan bus pariwisata bisa masuk dan lebih dekat ke lokasi Situs Calonarang, diharapkan dengan adanya akses ini nanti, selain memudahkan para pengunjung untuk ke lokasi tersebut juga berdampak pada perekonomian warga masyarakat sekaligus menjadi destinasi wisata religi.

Sebelum giat baksos dilaksanakan pada pukul 07:00 wib, para komunitas melakukan kunjungan ke Situs Calonarang, sebagian ada yang baru mengenal, dan sebagian ada yang berdo'a.

Beberapa Komunitas diantaranya dari tim Damar Panuluh Nusantara, Komunitas Dwipo Wijoyo, Komunitas Laskar Harinjing, Laskar Supit Urang dipusatkan pada penebangan rerimbunan bambu yang bakal dilintasi akses jalan ke Situs Calonarang.

Sementara warga masyarakat didampingi Kepala Desa Sukorejo bapak Supandi melakukan pelebaran area parkir bagian selatan.

Kepala Desa Sukorejo bapak Supandi berharap "Semoga tahun 2019 jalan ini sudah bisa digunakan sebagai akses menuju ke Situs Calonarang, ada beberapa jembatan yang sudah kami bangun, hanya tinggal menunggu Hotmit saja" tutur Supandi.

Dan akses ini kami bangun tujuannya pertama untuk kesejahteraan masyarakat Desa Sukorejo agar hasil pertanian yang dilalui jalan tersebut mudah dijangkau, dan juga untuk mengangkat cagar budaya Situs Calonarang yang berada ditengah persawahan"terangnya.


Sementara Rianto dari tim Damar Panuluh Nusantara mengatakan "Kami senang sekali dengan kegiatan sosial ini ,dimana beberapa komunitas saat ini mulai terketuk hatinya dan mulai perhatian dengan situs cagar budaya yang ada di Kediri, seperti Situs Calonarang ini. Karena kalau kita ketahui bahwa Kediri itu kaya akan situs cagar budaya. Jika ini dilestarikan maka dampaknya akan membawa perubahan menuju Kediri Mercusuar Dunia.

Saya yakin dengan adanya kegiatan pelebaran akses menuju ke Situs Calonarang ini nanti, kedepan dapat mendongkrak perekonomian warga sekitar khususnya dan Kabupaten Kediri pada umumnya. Karena akses jalan tersebut akan mempermudah wisatawan luar daerah bahkan manca negara untuk  berkunjung ke Situs Calonarang. Kami sangat apresiasi Kepala Desa Sukorejo ini yang senantiasa juga turut serta menyuport pelestarian cagar budaya di Situs Calonarang tersebut kebanggaan Kediri"ujarnya.(har)
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.