Tips Untuk Mengetahui MAC Adress Komputer

Trik cek MAC ADDRESS komputer Setiap jaringan mempunyai MAC Address atau alamat unik yang dipakai untuk identitas suatu jaringan (NIC/Network Interface Card) dalam suatu layer OSI yang dinamakan dengan Media Access Control Sub-layer.

Banyak orang keliru mempersepsikan MAC Address seperti nama sebuah Operating System buatan Apple (Machintos). MAC Address di sini adalah singkatan dari Media Access Control, pada windows XP dikenal dengan nama Physical Address.

Untuk mengetahui MAC Address suatu komputer ada caranya.

Telah kita ketahui sebelumnya pada Windows XP MAC Address dikenal dengan nama Physical Address yang dapat kita lihat jika kita melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

pilih start menu
pilih run
ketik cmd, kemudian enter (buka Command Prompt)
ketikkan perintah “ipconfig /all” (tanpa tanda kutip)
Setelah itu akan muncul keterangan seperti di bawah ini




Nah, Physical Address (MAC Address) telah kita dapatkan! Jika kita melihat gambar di atas, maka kita akan mendapat 3 buah Physical Address (MAC Address) yang ada pada komputer kita. Nah, manakah Physical Address (MAC Address) yang benar?

Seperti telah saya jelaskan di awal artikel ini, Physical Address (MAC Address) adalah identitas sebuah kartu jaringan. Untuk kasus ini, dapat kita pastikan bahwa komputer ini mempunyai tiga buah kartu jaringan yaitu, Ethernet LAN, Wireless, Bluetooth .

Kesimpulannya komputer saya ini mempunyai tiga buah kartu jaringan yang berarti juga mempunya tiga MAC Address yang berbeda, yaitu :

00-22-68-5D-E9-1D (LAN Card)
00-22-5F-7D-8A-65 (Wireless)
10-11-11-11-11-11 (Bluetooth)
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.