KEDIRI, TRIBUNUS.CO.ID - Pasca dua bulan yang lalu ditemukannya ratusan item benda benda kuno cagar budaya di Desa Tunglur Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Jawa Timur, maka warga yang tergabung paguyupan Abdi Dalem Sentanan Adipati Minak Sengguruh Rabu (7/11/2018) sepakat akan menyelenggarakan Peresmian Museum untuk benda benda bersejarah tersebut pada 22 November 2018.

Benda cagar budaya tersebut diduga dan diyakini peninggalan Putri Calonarang yaitu Diah Ratna Manggali bersama Mpu Bahula, dimana masyarakat atau warga Abdi Dalem Sentanan bersama tim Damar Panuluh Nusantara didukung Kepala Desa dan Kepala Dusun setempat, sampai saat ini masih menelusuri jejak peninggalan bersejarah tersebut.

Museum yang dibangun berukuran mini tersebut berkisar 6 x 6 meter dengan bahan bambu.

Museum tersebut saat ini sudah berdiri dan menyimpan ratusan item benda kuno cagar budaya dengan beragam macam bentuk ukuran, relief dan semua masih misteri.

Museum Diah Ratna Manggali bersama Mpu Bahula akan diresmikan pada hari Kamis 22 November 2018 pukul 19:30 Wib di Halaman Petilasan Diah Ratna Manggali - Mpu Bahula yang akan dihadiri oleh Muspika Kecamatan Badas, Forkopimda Kabupaten Kediri, Para Tokoh Agama, Lintas Keyakinan dan juga akan dihadiri Umat dari Pulau Dewata Bali dan meriahkan Airlangga Musika Radio Airlangga Fm Pare. (har/dpn)
Loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar

 

media online www.tribunus.co.id

.