6 Daerah Ini Bernasib Sama Dengan Petobo, Hilang Usai Gempa



Gempa bumi yang mengguncang wilayah Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9), menyisakan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia. Lebih dari 800 orang meninggal dunia dan sedikitnya 700 orang luka-luka. Salah satu kawasan yang paling banyak terdampak gempa bumi adalah Kampung Petobo, Palu Selatan, Sulawesi Tengah. Kawasan ini mengalami kerusakan parah hingga tertimbun lumpur hitam yang diduga berasal dari tanggul kali yang terletak di timur Desa Petobo.

Likuifikasi atau tanah yang berubah menjadi gembur dan menjadi lumpur tersebut berdampak pada kerusakan infrastruktur dan menyebabkan bangunan-bangunan terkubur. Fenomena ini memang kerap terjadi ketika sebuah wilayah terguncang gempa yang terus menerus terjadi.

Selain Petobo, sejumlah wilayah lain pernah mengalami hal serupa. berikut 6 daerah yang pernah terkubur lumpur usai dilanda gempa bumi.

1. Petobo, Sulawesi Tengah.

Tanggul kali di wilayah timur Kelurahan Petobo, Sulawesi Tengah roboh ketika terguncang gempa berkekuatan 7,4 SR dan mengalirkan lumpur setinggi 5 meter yang mengubur infrastruktur di wilayah tersebut.

2. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Beberapa waktu lalu, gempa dengan magnitudo 7 SR mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gempa ini juga mengakibatkan likuifikasi di Desa Selengan, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Sejumlah bangunan roboh karena berdiri di atas tanah yang gembur.

3. Niigata, Jepang.

Tahun 1964 gempa berkekuatan 7,6 SR mengguncang kawasan Niigata, Jepang. Gempa ini diikuti dengan bencana tsunami yang mengakibatkan tanah berubah menjadi lumpur dan menyebabkan kawasan Sungai Shinano terdampak likuifikasi.

4. Alaska, Amerika Serikat.

Gempa berkekuatan hingga 9,2 SR pernah mengguncang Alaska pada tahun 1964. Gempa ini juga mengakibatkan kawasan Cracked, Alaska terdampak likuifikasi dan hancur akibat lapisan tanah yang mencair.

5. Tangshan, China.

Gempa bumi dengan magnitudo 7,6 SR mengguncang wilayah Tangshan, China pada tahun 1976. Wilayah seluas 2.400 km tersebut diperkirakan terdampak likuifikasi berat yang mengakibatkan kerusakan di hampir seluruh bangunannya.

6. Christchuch, Selandia Baru.

Kawasan Canterbury, Selandia Baru pernah diguncang gempa dengan kekuatan 6,3 SR pada 2010 lalu. Saat gempa mengguncang kawasan ini, lumpur berwarna keabuan muncul dari tanah dan menghancurkan sebagian wilayah tersebut.






Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.