-->

Demo Warga Korban Percaloan Penerimaan Prajurit TNI-AL di Mako Lanal Tegal, Berakhir Dengan Ricuh



TEGAL -  Ratusan Warga Masyarakat Kota Tegal yang menjadi korban percaloan penerimaan bintara dan tamtama TNI-AL menggeruduk Mako (Markas Komando) Pangkalan TNI-AL Tegal di Jl. Proklamasi No. 01 Kota Tegal, Rabu (21/11).

Unjuk Rasa yang diikuti sedikitnya 700 orang ini, dilakukan sebagai bentuk protes dan kekecewaan massa yang menganggap TNI-AL dalam hal ini Lanal Tegal, telah memungut biaya pada saat pendaftaran masuk seleksi TNI-AL 2018 ini.

Aksi ini dipicu saat rekruitmen bulan oktober lalu ada 15 Calon Pendaftar yang mengaku telah membayar puluhan juta rupiah kepada oknum, tapi tidak tidak lolos seleksi.

"Kami merasa kecewa, kami sudah membayar masing-masing lima juta rupiah tapi anak kami gagal mengikuti test," Ujar Sunaryo selaku Korlap dalam orasinya.

"Kami minta uang kami dikembalikan, kami minta Komandan Lanal menemui kami, kami mau menagih janji. Mana buktinya TNI-AL mau tegas menegakkan aturan memecat anak buahnya tapi nyata anak oknum tersebut masih dinas," teriak Para Pengunjuk Rasa.

Demo yang semula berlangsung kondusif, tiba-tiba berubah menjadi anarkis, akibat adanya ulah provokator yang menyusup ke para demonstran. Sejumlah massa melakukan aksi pelemparan batu dan botol air mineral ke pasukan Lanal Tegal yang sedang melakukan pengamanan.

Melihat kondisi yang sudah semakin tak terkendali, Tim PHH (Penindak Huru-Hara) Lanal Tegal dan 1 Mobil Water Canon akhirnya diterjunkan untuk membubarkan massa yang semakin brutal dan berusaha masuk kedalam Mako dengan cara mendorong serta menjebol pagar pintu.

Aksi dorong-mendorong pun tak terelakan, sejumlah orang yang diduga provokator turut diamankan oleh petugas.

Itulah skenario dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal dalam penanganan aksi unjuk rasa dalam rangka Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) tingkat P1/P2 tahun 2018. Dari Tim Komando Latihan (KOLAT) Armada II, yang diketuai oleh Kol. Laut (P) Arif Badarudin dan Wakil Ketua Tim Uji Letkol Laut (P) D.A Mansyur.

Dalam sambutannya saat menerima Tim Uji dari Kolat Koarmada II, Dan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE, M.Tr.Hanla. menyampaikan terkait Uji Terampil ini kami sudah melaksanakan latihan secara intensif setiap hari, meskipun Lanal Tegal tidak memiliki Tugas Pokok sebagai Pangkalan Besar, hanya sebagai Pangkalan Tugas Kamla yang difungsikan sebagai penegakan hukum dilaut dan hampir semua Nelayan di Kota Tegal k; no o9adalah binaan Lanal." Ujarnya.

Lebih lanjut lagi beliau menambahkan, "Diharapkan dengan adanya temuan-temuan dari Tim Kolat kali ini, akan kita jadikan sebagai bahan evaluasi sekaligus menjadi barometer daam pembinaan personel kedepannya, sehingga Lanal Tegal semakin berkualitas dan profesional" Pungkas Alumni AAL 45 Tahun 1999 ini.

Kegiatan uji terampil tersebut berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 19 s.d 21 November 2018. Sejumlah materi turut diujikan mulai dari tes tertulis uji Kebaharian, Kamla, SAR,Embarkasi/Debarkasi, Komunikasi, Senjata, Dakhura, PDD Khas, Watpers Serta Drill Kecakapan Bahari, Drill PBB, PDD, dan TUM. Drill Menembak, Drill Renang Militer, Evakuasi Medis Laut, Drill Bongkar Pasang Senjata, Drill Anti Sabotase, Drill Hanlan, Drill PEK. Dakrura dan Evakuasi Media Darat.

(Dispenal/Rachmat)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama