-->

KRI Banjarmasin 592 Tiba Di Gorontalo Demarkasi Yonif 715 Motuliato



JAKARTA -  26 November 2018 -- Bersandar di pelabuhan kota Gorontralo. KRI Banjarmasin 592 menghantar Satgas Pamtas RI-RDTL Batalyon Infanteri 715/Motuliato yang selesai melaksanakan tugas pengamanan perbatasan Republik Indonesia dengan negara Republic Democratic Timor Leste yang telah bertugas selama enam bulan menjaga daerah perbatasan, Minggu (25/11).

Kapal perang TNI AL dari jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) tersebut melaksanakan debarkasi Yonif 715/ Motuliato berikut material dan perlengkapan seperti senjata perorangan, kendaraan truk dan kendaraan taktis yang dipergunakan dalam mendukung tugas operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia dan Timor Leste.

“Kami selalu siap untuk mendukung pergeseran pasukan dan material. Apalagi Kondisi kapal dan prajurit dalam keadaan siap layar” ujar Komandan KRI Banjarmasin 592 Letkol Laut (P) Yulis Andreas Lorentius, M.Tr Hanla.

KRI Banjarmasin 592 yang sehari-harinya berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya ini, tolak dari pelabuhan Lantamal VII Kupang melaksanakan operasi lintas laut dan menempuh pelayaran selama 3 hari sejak Kamis (22/11) dan tiba pada Minggu (25/11) untuk mengembalikan pasukan Satgas Pamtas Timor Leste ini menuju ke kesatuan asalnya.

KRI Banjarmasin merupakan salah satu unsur KRI di bawah Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), merupakan hasil karya anak bangsa yang dibangun di galangan PT PAL, dan bergabung resmi di Angkatan Laut pada tanggal 28 November 2009,” jelas Komandan.

KRI Banjarmasin adalah kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) yang bangunan atas kapal berdesain “stealth” untuk mengurangi ”Radar Cross Section” sehingga tidak mudah ditangkap radar musuh. Getaran kapal yang rendah membuat pelayaran menjadi lebih nyaman.

Kapal ini juga dipersenjatai dengan 1 unit meriam kaliber 57 mm dan 2 unit senjata anti serangan udara yaitu meriam kaliber 40 mm di haluan dan dua meriam 20 mm di kanan dan kiri anjungan.

Selain itu, KRI BJM-592 didesain dapat dipasang senjata 1 unit meriam kaliber 100 mm dan dilengkapi sistem kendali senjata sehingga kapal memilki kemampuan mempertahankan diri.

“Kapal ini memiliki kemampuan angkut personil, kemudian ranratfib dan mengangkut lima Helikopter” ucapnya.

Lebih lanjut Komandan menjelaskan sesuai fungsinya, KRI Banjarmasin 592 selain sebagai kapal angkut juga mempunyai kemampuan docking dan undocking dalam rangka memproyeksikan kekuatan dari laut ke darat melalui landing craft unit, baik dalam operasi amphibi maupun operasi lainnya.

Kapal ini juga terlibat dalam operasi Satgas Merah Putih pembebasan KM Sinar Kudus di perairan Somalia, pelayaran Kartika Jala Krida taruna AAL ke Brunei Darussalam dan China serta pameran internasional di Italia dalam rangka Milan Expo 2015”.

(Dispenal)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama