Pangdam IX/Udayana : "Tingkatkan Kemampuan Jihandak Sebagai Ciri Khas Satuan Zipur."



BALI - Batalyon Zeni Tempur 18/Yudha Karya Raksaka adalah Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) yang berkedudukan langsung di bawah Kodam IX/Udayana dengan tugas pokok menyelenggarakan konstruksi dan destruksi guna memperbesar daya gerak pasukan sendiri dan memperkecil daya gerak pasukan musuh, mempertinggi kelangsungan hidup dan kemampuan operasi satuan manuver Kodam serta kemampuan Nubika pasif.

Gelar kekuatan Yonzipur ini bertujuan untuk membantu tugas-tugas Kodam IX/Udayana dalam Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan prioritas tugas pengamanan VVIP dan membantu Pemerintah Daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam dan bantuan kemanusiaan serta kegiatan Bhakti TNI di wilayah Bali Nusra.

Seiring dengan embanan tugas dan kebutuhan organisasi Yonzipur, pada hari ini Senin (12/11) dilaksanakan Serah Terima Tugas, Wewenang dan Tanggungjawab Jabatan Danyon Zipur 18/YKR dari Letkol Czi Prastiwanto, S.E., kepada Letkol Czi Parlindungan, S.Sos., M.Si. di lapangan Mayonzipur 18/YKR, Gianyar.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, sebagai Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan, “serah terima jabatan di lingkungan Kodam IX/Udayana, merupakan bagian dari proses kaderisasi dan penyegaran serta kebutuhan organisasi. Disamping itu, alih tugas juga merupakan momen untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan wawasan manajerial serta profesionalitas keprajuritan, karena itu hendaknya dipahami bahwa alih tugas ini sebagai suatu upaya optimalisasi tugas pokok TNI Angkatan Darat, khususnya Kodam IX/Udayana”.

Selanjutnya Pangdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Letkol Czi Prastiwanto, S.E., atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Danyon Zipur 18/Yudha Karya Raksaka. Kemudian kepada Letkol Czi Parlindungan, S.Sos., M.Si., Pangdam mengucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh Pimpinan TNI Angkatan Darat untuk memangku jabatan sebagai Danyon Zipur 18/Yudha Karya Raksaka, laksanakan tugas dengan baik, tingkatkan kualitas dan kemampuan anggota, terutama kemampuan Jihandak yang merupakan ciri khas dari Satuan Yonzipur 18/Yudha Karya Raksaka agar selalu siap setiap saat untuk digerakkan dengan segala kelengkapannya, demikian ujar Pangdam.

Hadir dalam upacara tersebut para pejabat Kodam IX/Udayana antara lain, Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Kapok Sahli, para Perwira Staf Ahli Pangdam, LO-AL, LO-AU, para Komandan/Kabalak Kodam IX/Udayana, Bupati, Kapolres, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Gianyar, Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana dan sejumlah undangan lainnya. (Pendam IX/Udayana)
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.