SURAKARTA, TRIBUNUS.CO.ID - Dalam rangka pendampingan kepada petani untuk mensukseskan program ketahanan pangan, Babinsa kelurahan Mojosongo Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Sertu Aswan Ahiri turun ke sawah mendampingi petani padi (bpk Wagimin)  Anggota Kelompok Tani Tawang Sari RT. 02/09 kelurahan Mojosongo Jebres Surakarta. Kamis (8/11/2018)

Wagimin pengelola Sawah tersebut mengaku senang dengan kepedulian Babinsa yang turun ke sawah untuk sama sama berbagi pengalaman dan memberi semangat kepada saya dan kelompok Tani yang ada di Mojosongo. Ungkapnya

Sertu Aswan tidak tanggung – tanggung dalam membantu Petani mereka turun langsung ke sawah dan memperhatikan dengan baik serta membantu mengatasi segala kendala – kendala yang dihadapi oleh petani di lapangan. Mereka (Babinsa) selalu mendengar dengan baik segala keluhan-keluhan yang di hadapi oleh Petani, serta membantu menyalurkan aspirasi para Petanii ke pihak terkait dan memberikan jalan atau solusinya.

Sertu Aswan seperti biasa ia tak bosan untuk berkeliling di wilayah binaanya setelah melaksanakan kewajibanya Apel Pagi di Koramil. Selain bertujuan untuk memastikan bahwa situasi dan kondisi wilayahnya aman Sertu Aswan tak lupa juga selalu menyempatkan diri untuk melihat langsung kondisi pertanian di wilayahnya. Kali ini Sertu Aswan menjumpai Petani yang sedang melakukan pembersihan rumput liar yang ada di sekitar Padi.

Sertu Aswan menyampaikan Pemeliharaan padi memerlukan tehnik-tehnik khusus dan benar agar mendapatkan hasil yang baik dalam mengendalikan serangan hama dan penyakit untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman padi. Waktu yang tepat dan disarankan untuk melakukan penyemprotan adalah pada pagi hari pukul 09.00  dan sore jam 15.30 saat itulah mulut daun tanaman Padi mulai terbuka. Tips ini didapatkan Sertu Aswan setelah membuka dan membaca sebuah artikle tentang perawatan tanaman Padi di Google. dalam artikle tersebut menerangkan bahwa cara seperti ini dinilai sangat efektif dan baik dikarenakan pada pukul 09.00 wib pagi dan sore jam 15.30 wib cairan pestisida akan lebih mudah diserap oleh tanaman Padi hingga masuk ke dalam lapisan jaringan, hama yang menyerang tanaman Padi akan dapat segera mati ketika mencoba memakan bagian tanaman. Tutur sertu Aswan

Mengetahui hal tersebut pak Wagimin senang dan berterima kasih banyak atas informasinya. Semoga dengan sistim yang telah di sampaikan Babinsa bermanfaat dan hasilnya ke depan lebih baik.

(penrem solo)
Loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar

 

media online www.tribunus.co.id

.