Sosialisasi Bencana, Danramil 03 Serengan Sosialisasikan Kesiapan Hadapi Banjir



SURAKARTA,TRIBUNUS.CO.ID - Banjir menjadi hal biasa buat masyarakat Indonesia. Hampir tiap tahun Indonesia selalu mendapatkan masalah banjir dan sampai saat ini pun belum ada solusi yg dapat menanggulangi permasalahan ini. Ketidak sadaran akan bahayanya banjir dan penyebab-penyebab terjadinya banjir menjadi penyebab kenapa banjir tersebut setiap tahun melanda Indonesia.

Dalam rangka kesiapan menghadapi penghujan dan terjadinya banjir maka pada hari Rabu tanggal 14 November 2018 pukul 20.00 Danramil 03 Serengan Kodim 0735 Surakarta Kapten Inf Subardi bertindak sebagai Narasumber dalam kegiatan sosialisasi menghadapi bencana Banjir. Bertempat di Aula kec. Serengan.

Dalam paparannya Danramil menyampaikan bahwa bencana Banjir yang terjadi di perkotaan seperti Surakarta ini adalah akibat dari sistem Drainase yang buruk serta prilaku masyarakat yang kurang sadar kususnya dalam pembuangan sampah.

Salah satu penyebab terjadinya di wilayah perkotaan adalah sistem Drainase yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Banyak Drainase yang sudah rusak, serta tersumbat baik oleh tanah maupun Sampah. Hal ini perlu penanganan yang serius.  "Perbaikan dan pembersihan saluran air tentu harus ada. Di wilayah tertentu bisa diadakan secara gotong royong. Kegiatan ini harus dilakukan secara terus menerus dengan waktu berkala. Perbaikan Drainase harus menjadi prioritas utama dalam penanganan banjir di wilayah perkotaan" kata kapten Inf Subardi.


Selain itu Danramil juga menyampaikan masalah sampah yang terbuang di saluran air, Sampah adalah parasit yang selalu hadir setiap hari, tidak heran jika banyak tulisan yang menyerukan jangan buang sampah sembarangan. Namun sayang, seruan dari jangan buang sampah sembarangan terkadang masih sering dilanggar oleh setiap orang. Sampah yang masuk ke dalam saluran air dan menumpuk lama-lama akan mengakibatkan penyumbatan saluran air sehingga dapat mengakibatkan banjir.

"Walaupun sampah bukanlah satu-satunya faktor penyebab banjir, tetapi sampah tidak menutup kemungkinan mengakibatkan banjir. Untuk itu kesadaran kita untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar dan memikirkan lagi jika kita akan membuang sampah sembarangan" pungkas Danramil.(penrem solo)

Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.