loading...

Babinsa Bersihkan Gulma Pengganggu Tanaman Padi Bersama Petani

....


TRIBUNUS, GROBOGAN - Guna mensukseskan program swasembada pangan Nasional, anggota Koramil 0717/08 Tawngharjo Sertu Sudaryono melaksanakan Upsus (upaya khusus) pendampingan kepada para petani membantu penyiangan gulma disela-sela tanaman padi, di Dsn. Kebondalem, Ds. Selo, Kec. Tawangharjo, Kab. Grobogan, Kamis (27/12).

Kegiatan pendampingan pembersihan gulma dan rumput liar di lahan seluas 0,35 hektar yang ditanami padi varietas Ciherang berumur 50 hari milik milik Bapak Jumadi(49) anggota kelompok tani (Poktan) Ngudi Rejeki, dilakukan secara manual dengan mengerahkan buruh tani dari warga setempat.

Di sela-sela kegiatan, Serda Sudaryono menuturkan, pembersihan rumput liar atau gulma pada tanaman padi merupakan bagian dari perawatan tanaman padi. Keberadaan gulma ini tidak bisa dibiarkan karena sangat mengganggu tanaman induk (padi) terlebih pada masa pertumbuhan hingga pematangan.

Lanjut Babinsa, pembersihan gulma dapat dilakukan melalui penyiangan secara berkala, baik manual maupun semi mekanik. Bisa juga dengan penyemprotan menggunakan herbisida tertentu yang sudah direkomendasikan PPL atau BPP Dinas Pertanian.

“Gulma ini harus dibasmi, bila tidak akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya bahkan menghambat perkembangan anakan tanaman padi yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen. Di sini pentingnya perawatan dan pemantauan tanaman padi untuk mengetahui lebih awal apabila ada gulma ataupun tanaman yang sakit sehingga bisa dengan segera diatasi,” ungkap Babinsa.

Seperti kita ketahui bersama, keberadaan rumput atau gulma merupakan salah satu kendala bagi para petani dalam memperoleh hasil panen yang optimal. Persaingan gulma dengan tanaman utama (padi) dalam proses pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen.

Keberadaan gulma atau rumput liar itu sendiri menjadi pesaing tanaman utama (padi) dalam penyerapan unsur hara, air dan cahaya serta menghambat perkembangan anakan tanaman padi yang tentunya akan berdampak pada hasil panen yang dicapai.(Pendim 0717/Pwd)

...

Artikel Terkait

Posting Komentar
Diberdayakan oleh Blogger.