KEDIRI,TRIBUNUS.CO.ID - Kodim 0809/Kediri bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dan DP3AP2KB Kabupaten Kediri, melalui Puskesmas Pembantu (Pustu) Ringinrejo, mengadakan program pelayanan KB gratis yang diselenggarakan di Pustu Ringinrejo. Pelayanan KB tersebut diadakan dalam rangka Hari Juang Kartika dan HUT Kodam V/Brawijaya. Kamis (06/12/2018).

Penanganan pelayanan KB ini terbagi dalam dua jenis, implant dan IUD. Dalam pelaksanaannya, dr. Wiwin S. menangani langsung dan pengawasan dilakukan Pasi Ter Kodim Kediri Kapten Inf Warsito bersama Danramil Kandat Kapten Inf Sunarjo.

Pada pelaksanaan tersebut, Pelda Rubianto, Pelda Didik, Pelda Mursalim serta Babinsa Desa Purwodadi Koptu Zainudin, turut membantu ibu-ibu PKK maupun mahasiswa berlatarbelakang kesehatan, baik saat pendaftaran, antrian hingga operasi.

Tercatat ada 92 orang yang menjalani pelayanan KB ini dan 90 orang dinyatakan lolos melewati tes kesehatan. Dari 90 orang tersebut, 71 orang menjalani pelayanan KB jenis implant dan 19 orang menjalani jenis IUD.

Berdasarkan keterangan Pelda Rubianto, pendaftar pelayanan KB tersebut berasal dari Desa Batuaji, Dawung, Deyeng, Jemekan, Nambaan, Purwodadi, Ringinrejo, Sambi, Selodono, Srikaton dan Susuhbango.

Menurut dr.Wiwin, 2 orang yang tidak lolos tes kesehatan tidak dapat menjalani operasi dikarenakan kondisi fisiknya tidak memungkinkan dan beresiko. Ia memastikan, operasi dijalankan secara profesional dan segala peralatan medis berstatus steril. Disamping itu, operasi yang dijalankan sudah umum dilakukan.

Menanggapi jumlah pendaftar, Kapten Inf Warsito menyatakan sudah cukup bagus dan lumayan banyak, walaupun target yang sebenarnya mencapai 110 orang. Kendati tidak sesuai target, jumlah pendaftar 90 orang bisa dikatakan cukup sukses, lantaran kesiapan pelaksanaan dengan saat pelaksanaan, waktunya cukup berdekatan.(*)
Loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar

 

media online www.tribunus.co.id

.
Hasil gambar untuk banner gif 120 x 600
Hasil gambar untuk banner gif 120 x 800