Tampak gedung Mahligai Agung Convention Hall Pascasarjana UBL, Jalan Zainal Abidin Pagaralam, Bandarlampung, lokasi acara Silaknas dan Milad XXVIII ICMI Tahun 2018 yang akan dibuka Presiden Joko Widodo, Kamis malam. Foto dibidik Kamis (6/12/2018) pukul 11.01 WIB. Foto: Muzzamil


BANDARLAMPUNG - Dimajukannya agenda pembukaan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) sekaligus Milad ke-28 Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Tahun 2018 menjadi hari ini, Kamis (6/12/2018) pukul 18.30 WIB hingga Sabtu (8/12/2018), di Ruang Mahligai Agung Convention Hall Pascasarjana Universitas Bandar Lampung (UBL), adalah prestise bukan saja bagi organisasi cendekiawan muslim terbesar itu, juga bagi Lampung.

Konfirmasi kehadiran Kepala Negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan membuka langsung dan disusul Wapres Jusuf Kalla (JK) yang menutup hajat inklusif ICMI dan Orwil ICMI Lampung tersebut, makin paripurna keistimewaannya dengan kesediaan hadir Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto selaku wakil ketua Dewan Penasihat ICMI bersama kompatriotnya, Ketua Umum (Ketum) MUI (nonaktif) Prof. Dr. (HC) KH. Ma'ruf Amin.

Selain itu, pada gelaran agenda rutin tahunan berdasar AD/ART organisasi yang tahun ini mengusung tema Membangun SDM Insani yang Berkualitas dan Bermanfaat Melalui Peningkatan Ekonomi yang Adil, Makmur dan Mandiri ini, akan hadir pula selaku Ketua Orwil ICMI DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno.

Melengkapi kehadiran Ketum ICMI Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, Sekjen Prof. Dr. M. Jafar Hafsah, Waketum Priyo Budi Santoso, dan Ketua Dewan Pakar yang juga Ketua MPR Dr. (HC) Zulkifli Hasan.

Melansir Tribunnews.com dan akun Twitter @ICMIPusat, penegasan hadir keempat tokoh pasangan capres-cawapres yang jadi magnitudo politik di berbagai media massa itu, dikuatkan pernyataan panitia lokal, Ketua dan Sekretaris ICMI Orwil Lampung, Dr. Ir. HM. Yusuf S. Barusman, M.Sc (Rektor UBL) dan Prof. Dr. H. Khomsahrial Romli, Rabu (5/12/2018), kemarin.

Membersamai mereka dan juga Wapres JK, sederet tokoh cerdik-cendekia negeri ini yang diundang hadir, dikabarkan telah pula menyatakan kesediaannya. Diantaranya mantan Ketum ICMI, Presiden RI ketiga Prof. Dr. Baharudin Joesoef Habibie, anggota DPR Ahmad Riza Patria.

Dari Malaysia, terkonfirmasi akan pula hadir mantan Perdana Menteri (PM) Dato' Seri Anwar Ibrahim.

Dari keterangan pers Ketua Divisi Komunikasi dan Media ICMI Andi Irman Patiroi, di Jakarta, Rabu (5/12/2018), terungkap beberapa pengurus ICMI dipimpin langsung Ketum Jimly Asshiddiqie telah bertemu langsung dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Kamis pekan lalu guna mengundang serta meminta agar dapat hadir membuka perhelatan Silaknas dan Milad di Lampung.

"Alhamdulillah, beliau (Presiden) berusaha dapat hadir. Kita masih tunggu kepastiannya dan beliau menyatakan berusaha hadir membuka resmi," ujar Andi Irman.

Bahkan, ucap Andi Irman, selain Presiden yang dijadwalkan hadir membuka resmi, nantinya penutupan direncanakan dilakukan Wapres JK. "Kita bersyukur bahwa Presiden maupun Wakil Presiden akan hadir," ujar Andi lagi.

Hal lainnya, imbuh dia, pada penyelenggaraan Silaknas ICMI 2018 juga sekaligus jadi ajang deklarasi Ikatan Cendekiawan Muslim se-Asia Tenggara (ICMA) yang dihadiri 10 negara di Asia Tenggara, termasuk Timor Leste.

Yusuf Barusman menyebut, selain deklarasi ICMA oleh 10 negara anggota ASEAN dan Timor Leste, Silaknas akan dihadiri cendekiawan muslim internasional serta delegasi 11 negara Orwil ICMI. Di antaranya Amerika Serikat, Australia, Jepang, Kamboja, Malaysia, dan Timur Tengah.

Yusuf menyampaikan, selama penyelenggaraan Silaknas ICMI akan dibahas aspek-aspek substantif terkait keindonesiaan dan keislaman, seperti ekonomi, pendidikan dan sosial untuk kebaikan umat.

Terkait peserta, Yusuf membeberkan, pihaknya sebagai tuan rumah telah siap menyukseskan berlangsungnya kegiatan. "Alhamdulillah, siap semua. Tinggal menunggu hari H pelaksanaannya saja," ucap Yusuf.

Penyelenggaraan agenda tiga hari, 6-8 Desember 2018 yang diikuti tak kurang 1.000 delegasi dari seluruh Tanah Air ini, juga jadi forum silaturahmi antar seluruh pengurus yang tersebar guna membahas evaluasi serta capaian program organisasi, mengkaji berbagai isu nasional dan keumatan serta merancang kinerja setahun ke depan.

Berdasar rundown, jika Presiden Jokowi diminta membuka acara, Prabowo dijadualkan berbicara pada Pleno IV tentang Demokrasi Politik dan Ekonomi yang Adil, Beradab dan Bermartabat pada Jum'at (7/12/2018), besok sekira pukul 10.00 WIB.

Sedang Kiai Ma'ruf dan Sandiaga bakal satu panggung sebagai pembicara tema yang sama, di sesi Pleno VI Silaknas, Jum'at sorenya.

Apa saja rekomendasi Silaknas kali ini? Merujuk keterangan Khomsahrial Romli, sejumlah rekomendasi penting akan ditelurkan antara lain di bidang pembangunan demokrasi, ekonomi, kebudayaan, politik, hukum, dan sosial kemasyarakatan.

Kehadiran Jokowi-Prabowo dan Ma'ruf-Sandiaga yang notabene kontestan Pilpres dan telah dicegah dini risiko kampanye politiknya oleh Bawaslu Lampung dengan menyurati Rektor UBL Yusuf Barusman dalam kapasitas rektor kampus tempat penyelenggaraan kegiatan itu, terbantu jawab dengan penegasan netralitas ICMI sebagai wadah perkumpulan para cendekiawan muslim multidisiplin ilmu terkait tahun politik yang diungkap salah satu Dewan Penasihat ICMI Orwil Lampung yang juga mantan Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Sugeng P. Harianto, kemarin.

Dari unsur pengamanan, Kodam II Sriwijaya dan Korem 043/Gatam, serta Polda Lampung siaga penuh. Seribuan aparat gabungan dikerahkan dalam pengamanan tertutup dan terbuka guna kelancaran acara.

Satlantas Polresta Bandarlampung akan memberlakukan sistem buka tutup. Saat Presiden Jokowi melintas sesaat mendarat di Bandara Raden Intan, jalur sepanjang bandara hingga lokasi acara di Jalan Zainal Abidin Pagaralam, Bandarlampung, akan ditutup sementara.

Pantauan redaksi, Kamis pukul 11.00 dan pukul 16.40 WIB, deretan karangan bunga di dekat pintu masuk komplek gedung Pascasarjana UBL tampak rapi berdiri. Kibaran bendera putih ukuran sedang bertuliskan lambang ICMI juga  meramaikan sepanjang trotoar separasi jalan protokol ibukota provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera ini. [RH/mzl]
Loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar

 

media online www.tribunus.co.id

.
Hasil gambar untuk banner gif 120 x 600
Hasil gambar untuk banner gif 120 x 800