KEDIRI, TRIBUNUS.CO.ID - Situs sejarah akhir akhir ini mulai menjadi daya tarik wisatawan baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah. Di Kabupaten Kediri terkenal dengan nama besarnya yaitu "Kediri Bumi Cagar Budaya dan Kediri Kota Seribu Situs " karena telah diketahui banyak situs peninggalan bersejarah yang sudah diangkat oleh penggiat sejarah dan dinas terkait.

Nah kalau Situs Calonarang mungkin sudah tak asing lagi didengar oleh kalangan masyarakat luas,  karena Situs Calonarang memiliki cerita legenda Si Janda berilmu Sakti ,Situs Calonarang ini terletak di Dusun Butuh Desa Sukorejo Kecamatan Gurah berada di tengah tengah persawahan yang identik dengan tempat kunjungan bagi umat Hindu.

Namun kali ini keberadaan Situs Calonarang mulai menjadi daya tarik pengunjung dari latar belakang semuat umat yang ada di Indonesia, bahkan dari latar belakang pelajar, mahasiswa dan dosen pun sering berkunjung ke Situs Calonarang tersebut.

Hal ini dijumpai oleh tribunus.co.id dalam pantaunnya yang sering menjumpai para pelajar mulai dari tingkat SMP, SMA dan Mahasiswa sering melakukan kunjungan ke Situs Calonarang.

Tidak hanya mahasiswa mahasiswa dari Kabupaten Kediri yang sering berkunjung ke Situs Calonarang tersebut, kemarin rombongan mahasiswa dari UNM Malang juga berkunjung ke Situs Calonarang dalam rangka mengemban tugas perkuliahan untuk menulis kebenaran cerita dari Calonarang. Selain itu, dalam kunjungan mahasiswa tersebut sekaligus meminta restu kepada Calonarang dengan mengirim do'a, karena rombongan akan mengadakan pementasan seni tari kolosial Calonarang di Kampus UNM Malang.

Dalam hal ini tim Damar Panuluh Nusantara yang kebetulan berada dilokasi Situs Calonarang tersebut memberikan pendampingan mulai dari ritual do'a dan menceritakan kebenaran cerita Calonarang.


Setelah berkunjung ke Situs Calonarang, rombongan mahasiswa melanjutkan kunjungan ke Petilasan Diah Ratna Mangali/ Mpu Bahula yang merupakan putri Calonarang, karena yang akan dipentaskan nanti adalah cerita Calonarang yang sangat sayang dengan putri satu satunya hingga khutukan Calonarang kepada rakyat Prabu Airlangga.

Petilasan Diah Ratna Mangali ini berada di bagian timur utara Situs Calonarang, kurang lebih 20 Km perjalanan yang ditempuh tepatnya di Kampoeng Sentanan Ds Tunglur Kecamatan Badas ,ketika sampai di Kampoeng Sentanan, Rombongan Mahasiswa UNM Malang disambut oleh Jupel Paguyupan Abdi Dalem Sentanan.

"Kami mendapat tugas dari Dosen kami untuk melaksanakan ziarah dulu ke Situs Calonarang dan Petilasan Diah Ratna Mangali sebelum kami mentas panggung nanti agar tidak terjadi hal hal yang diinginkan "tutur Devi Mahasiswi UNM Malang mendapat petunjuk dari Dosennya.
(har)
Loading...

Artikel Terkait

Posting Komentar

 

media online www.tribunus.co.id

.
Hasil gambar untuk banner gif 120 x 600
Hasil gambar untuk banner gif 120 x 800