Udin Sakera: "Untuk Ade Maulana, Teruslah Berkarya, Jangan Berhenti."



TRIBUNUS.CO.ID SURABAYA -  Sekitar 80 orang memadati area pendopo, mereka duduk bersila dan membentuk lingkaran,  dari Para Pimpinan Redaksi media di Surabaya, aktivis mahasiswa, akademisi kampus dan Ormas. di (THR) Surabaya  Institut menggelar refleksi akhir tahun kasus kriminalisasi yang menjerat jurnalis bertajuk "Laju Pena Tak Terhalang Jeruji", Jumat (28/12/2018).

Refleksi itu digelar di Pendopo Taman Hiburan Rakyat Jalan Kusuma Bangsa No 118 Surabaya.
Menurut Udin Sakera, Pemandu sekaligus Moderator Forum menyebutkan, refleksi akhir tahun itu dimaksudkan sebagai peringatan atas kriminalisasi yang dialami oleh jurnalis di tahun 2018.

Masih Udin Sakera berharap, selepas bebas Ade tidak surut semangat dalam mewartakan kabar pada masyarakat.

Ia menyebut sosok Slamet Maulana alias Ade, sebagai seorang prototipe jurnalis yang memiliki keteguhan prinsipil dalam memperjuangkan kepentingan publik. Refleksi akhir tahun itu, lanjut Udin, juga dimaksudkan sebagai perayaan kebebasan Ade selepas ditahan selama 6 bulan di Polres Sidoarjo.

"Jangan sampai selepas keluar, Ade menjadi linglung atau penanya tidak tajam lagi tidak lagi mampu menulis karena takut dikriminalisasi lagi," kata Udin kepada TribunJatim.com.

Berkaca dari refleksi akhir tahun itu, t tegas Udin, ditahun 2019 para jurnalis semakin terbuka dan berani menjalin komunikasi antar wartawan ketika mengalami kendala atau permasalahan yang menyangkut etik pemberitaan.

"ketika temenan wartawan ada masalah bisa dikomunikasikan," lanjutnya kepada awak media seperti yang dirilis dari TribunJatim.com.

Dipenghujung refleksi, hadir sosok Ade  yang tak lupa memberikan ulasan tentang latarbelakang kasus yang menimpanya. Ia berpesan, agar jangan lagi ada kriminalisasi jurnalis di tahun 2019 nanti.

"Jangan takut rekan-rekan, masyarakat butuh kita, kita adalah pencari berita, bukan pembawa petaka," tegasnya.
____________________________

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Refleksi Akhir Tahun Kriminalisasi Jurnalis di THR Surabaya, Jangan Terjadi Lagi di 2019, http://jatim.tribunnews.com/2018/12/29/refleksi-akhir-tahun-kriminalisasi-jurnalis-di-thr-surabaya-jangan-terjadi-lagi-di-2019.
Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Yoni Iskandar
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.