Jum'at Bersih, Anggota Koramil 02/ Pesantren Bersama Santri Santri Ponpes Tri Barokah Laksanakan Bersih Bersih



KEDIRI,TRIBUNUS.CO.ID -  Mengisi aktifitas rutin di hari jumat, Koramil 02/Pesantren mengadakan "Jumat Bersih" di Pondok Pesantren Tri Barokah yang berlokasi di Kelurahan Bangsal, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. jumat (18/1/2019)

Jelang bersih-bersih di Ponpes Tri Barokah, Danramil Pesantren, Kapten Kav Suradi menyampaikan pesan, kelak di masa depan, ada santri-santri yang berminat menjadi prajurit TNI, dan mendaftarkan dirinya untuk ikut seleksi. Ia optimis, ada sebagian santri-santri yang bisa menjadi prajurit TNI, asalkan ada tekad, niat dan itikad.

Jumat bersih merupakan program rutin tiap hari jumat, dan tidak hanya dilakukan Koramil Pesantren saja, tetapi secara serentak seluruh Koramil jajaran Kodim Kediri.

Sadiman, selaku pengurus Ponpes Tri Barokah, sangat senang atas kehadiran Koramil Pesantren datang ke Ponpesnya. Kehadiran tersebut, diharapkan ada komunikasi yang lebih erat lagi antara Koramil dengan santri-santri.

Aktifitas bersih-bersih, menurut Sadiman, secara rutin dilakukan santri-santri Ponpes Tri Barokah. Di hari jumat, bersih-bersih difokuskan di dalam areal Ponpes, sedangkan di hari sabtu, bersih-bersih dilakukan di luar atau sekitar Ponpes.

Kedisiplinan waktu, diterapkan Ponpes ini kepada santri-santrinya, baik waktu ibadah hingga waktunya untuk makan bersama.

Dari penjelasan Bati Tuud Koramil Pesantren, Pelda Edy Sugiarto, jumat bersih di Ponpes Tri Barokah dibagi 5 kelompok, utara, selatan, barat, timur dan tengah. Khusus kelompok yang difokuskan ditengah, lebih mengutamakan kebersihan didalam Masjid.

Kotoran-kotoran atau sampah yang kering, secara otomatis langsung dibakar, sedangkan sampah basah, dikumpulkan didalam gerobak sampah, yang nantinya dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Selain keterlibatan Koramil Pesantren dan santri-santri Ponpes Tri Barokah, jumat bersih ini juga diikuti Babinkamtibmas Bangsal.

Berdasarkan informasi Babinsa Bangsal, Serda Nuril Huda, tercatat ada 276 santri yang belajar ilmu agama di Ponpes Tri Barokah. Jumlah tersebut, ada yang baru 2 bulan, 8 bulan serta 1 tahun lebih.

Ponpes ini tidak hanya menerima santri asal Kediri saja, tetapi dari luar daerah, seperti Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Banten serta Luar Jawa.(har/budi)
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.