loading...

Ranu Kumbolo, Bukti Nyata Keindahan Alam Bumi Pertiwi

....
Billahi dan Mamat tim pencinta Alam


Ranu Kumbolo, danau cantik nan mempesona di Gunung Semeru ini, namanya sudah terkenal seantero negeri. Tak ada traveler yang bosan dan jenuh akan keindahan tempat ini. Ranu Kumbolo sudah jadi bukti nyata kecantikan alam Indonesia.

Salah satunya tim Komunitas Sosial & Kemanusiaan (KSK) singgah dan menikmati kecantikan alam bumi pertiwi di Danau Ranu Kumbolo, Jawa Timur, Sabtu (12/01/2019).

Lokasi danau cukup strategis, sehingga banyak para pendaki yang bukan hanya untuk lokasi transit bahkan banyak yang menjadikan Danau Ranu Kumbolo ini sebagai tujuan utama, bukan puncak Mahameru.
Keindahan panorama  Rau Gumbolo saat Sunrise


Ketinggian Gunung Semeru sendiri mencapai 3.676 meter, diatas permukaan air laut, menjadikan gunung ini tertinggi di pulau Jawa.


Ranu Kumbolo menjadi salah satu obyek wisata Jawa Timur yang difavoritkan oleh para pecinta alam sebagai lokasi camping, memiliki pesona dan daya tarik tinggi bagi wisatawan lokal maupun manca negara.

Wisata Ranu Kumbolo tidak pernah sepi dari pengunjung ketika musim kemarau dan kebanyakan mereka yang berkunjung lebih di dominan oleh anak muda dari kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Mahasiswa.

Dengan bertajuk “Wisata Bersihkan Sampah”, perkemahan yang digelar dalam dua hari itu, membuat tim KSK nampak riang atas terlaksananya acara yang digelar tahunan tersebut.

Billahi Khadijah, salah satu tim KSK yang juga pelajar SMAN 7 Malang, mengatakan meskipun ini wisata tapi tetap harus menjaga kebersihan danau serta persiapan juga harus maksimal apalagi buat pendaki pemula.

“Persiapan yang diperlukan adalah sepatu, pemanasan, obat-obatan,
kondisi kesehatan dan salah satu syarat buat naik ke Semeru adalah Surat Keterangan Sehat.
Meskipun jalan menuju Ranu Kumbolo ngeri-ngeri sedap, tapi bagi pendaki pemula itu lebih dari cukup buat belajar dan yang jelas bikin ketagihan serta jangan lupa membawa turun sampah-sampah,” ujar Billah sapaan akrabnya.

pintu masuk menuju Ranu Gumbolo
Sementara itu, ditempat yang berbeda Icha, tour guide dan pendaki asal Purwodadi, Kabupaten Pasuruan menambahkan, beberapa hal  Ranu Kumbolo di Gunung Semeru yang perlu diketahui khalayak umun yaitu :

1. Lokasi pantai Ranu Kumbolo berada di ketinggian 2.400 meter diatas permukaan air laut dan mempunyai luas kurang lebih 15 hektar yang berlokasi di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

2. Perpaduan antara pohon cemara, semak hijau, birunya langit serta jernihnya danau seolah membuat mata enggan untuk berkedip, ketika sunrise.

3. Wisatawan di Ranu Kumbolo dilarang mandi dalam area danau dan dilarang membuang sampah sembarangan serta wajib membawa turun sampah.

4. Ranu Kumbolo terdapat sebuah mitos bernama Tanjakan Cinta yang telah melegenda dan menarik rasa penasaran bagi para wisatawan untuk mencobanya.

5.Untuk dapat ke Ranu Kumbolo, para wisatawan harus menempuh jarak sekitar lima jam dengan berjalan kaki melalui hutan belantara dari desa terdekat yaitu Ranu Pare di Senduro. (An)
...

Artikel Terkait

Posting Komentar
Diberdayakan oleh Blogger.